...
HP POPULER MINGGU INI

2018 Catat Kinerja Positif, Laba XL Axiata Tumbuh

Selular | 14 Feb 2019 21:00
ARTIKEL POPULER SAAT INI

2018 Catat Kinerja Positif, Laba XL Axiata Tumbuh

Jakarta, Selular.ID – XL Axiata menjadi satu-satunya operator telekomunikasi di Indonesia yang mencetak hasil kinerja positif sepanjang tahun 2018.

Dalam laporan Tahun Fiskal 2018, operator yang dinahkodai Dian Siswarini itu menghasilkan pertumbuhan pendapatan sebesar 0,4% YoY.

Perusahaan melaporkan laba sebesar Rp23,0 triliun, naik 0,4% dari laba tahun 2017 sebesar Rp22,9 triliun.

Mayoritas pendapatan itu berasal dari layanan data. Pada kuartal terakhir 2018, XL Axiata melaporkan kontribusi pendapatan data mencapai 82% dari total layanan, atau naik 13% dari periode Oktober–Desember 2017 yang masih di angka 69%.

BACA JUGA: XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

Seiring dengan semakin kuatnya jaringan dan penawaran layanan data yang menarik, tercatat penetrasi smartphone XL Axiata telah meningkat 8 poin persentase menjadi 80% pada akhir 2018 dibandingkan dengan tahun lalu.

CEO & Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, “Sepanjang 2018 merupakan periode yang berat bagi industri telekomunikasi Indonesia. Kami harus menghadapi penerapan registrasi kartu SIM prabayar dan persaingan harga yang ketat. Namun, XL Axiata berhasil mengungguli para kompetitor dan memperkuat posisi sebagai operator nomor 2 di Indonesia. Hasil ini tidak terlepas dari konsistensi kami dalam menerapkan strategi menempatkan layanan data sebagai fokus utama pengembangan bisnis.”

BACA JUGA: 2020, Digital Service Mendominasi Revenue XL Axiata

Di sisi lain, XL Axiata mencatat kerugian sebesar Rp3,3 triliun. Hal ini terutama disebabkan oleh beban biaya penyusutan yang dipercepat. XL Axiata mencatat rugi bersih sebesar Rp9 miliar setelah dinormalisasi pada akhir tahun 2018.

Hingga akhir tahun 2018, jaringan 4G Axiata telah melayani sekitar 400 kota/kabupaten dengan hampir 30 ribu BTS 4G. Sementara itu, jaringan 3G ditopang lebih dari 51 ribu BTS. Jumlah total BTS milik XL Axiata saat ini mencapai 118 ribu BTS.

BACA JUGA: XL Tingkatkan Kapasitas 1500 Site

Saat ini XL Axiata memiliki total 54,9 juta pelanggan, di mana 43,9 juta atau 80% di antaranya adalah yang sudah menggunakan smartphone. Jumlah pengguna smartphone ini meningkat 15% dari periode yang sama di tahun lalu.

Adapun pelanggan XL Axiata yang aktif menggunakan layanan data saat ini juga telah mencapai 82% dari total pelanggan.

Like
Simpan
Bagikan
Rekomendasi
Indonesia's Largest Mobile Phone Directory
Di InPonsel, kamu bisa dengan mudah menemukan hp yang diinginkan dan mendapatkan informasi terkait berdasarkan relevansi produk. Kamu juga dapat memberikan review produk, berlangganan berita sesuai minat dan berinteraksi dengan pengunjung lain.



InPonsel @ 2024, PT InTele Hub Indonesia