Guna Menghambat Kejahatan via Telepon dan SMS, ATSI Dukung Perbaikan Registrasi Prabayar
— 18 Jul 2014 13:01

Posted by adi at 2014-07-18 13:01:48 (476 view)

Dengan maraknya penyalahgunaan nomor selular & Fixed Wireless Access (FWA) untuk kegiatan yang tidak sesuai dengan peraturan telekomunikasi membuat Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), mengajak dan menghimbau masyarakat melakukan registrasi pelanggan dengan baik dan benar sesuai aturan pemerintah serta identitas asli pelanggan. 

Himbauan ini dilakukan melalui surat edaran BRTI No. 161/BRTI/V/2014 agar penyelenggara Telekomunikasi melaksanakan registrasi pelanggan prabayar sesuai Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2005 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. Ketua Umum ATSI, Alexander Rusli, mengemukakan salah satu upaya mengurangi peluang penyalahgunaan sarana telekomunikasi adalah meningkatkan keakuratan data pelanggan pada tahap registrasi kartu perdana prabayar. 

"Kami bersama operator anggota ATSI tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya memperbaiki proses registarsi di sentra layanan para anggota kami. Sosialisasi terus berlanjut dan kami berterima kasih atas dukungan Kominfo dan BRTI dalam upaya sosialisasi ini," ujar Alexander Rusli.

Alex pun masih mengakui kalau dalam pelaksanaanya, pihak operator banyak mengalami kendala verifikasi data pelanggan karena belum tersedianya koneksi ke database kependudukan nasional. “Karena itu agar proses ini berjalan lancar, kami juga mengajak mitra distributor berpartisipasi aktif dalam perbaikan proses registrasi kartu prabayar. Dengan meningkatnya akurasi data pelanggan prabayar, pemerintah dan operator melindungi pelanggan prabayar dari penipuan atau sms/telepon spam melalui layanan telekomunikasi prabayar serta dapat melakukan penegakan hukum bagi penipu," tambahnya.

"Selama ini yang terjadi registrasi dilakukan sendiri oleh pembeli kartu perdana prabayar dengan dukungan fasilitas yang disedikan operator telekomunikasi,tambahnya saat jumpa media di kantor Indosat Jakarta Rabu (16/7/2014).

Registrasi pada umumnya bisa dilakukan beberapa cara diantaranya layanan customer service, SMS ke 4444, web, hingga aplikasi di handset ataupun SIM Tool Kit (STK) di simcard masing-masing operator. Operator anggota ATSI tengah melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya memperbaiki proses registarsi di sentra layanan para anggota kami. Sosialisasi terus berlanjut dan kami berterima kasih atas dukungan Kominfo dan BRTI dalam upaya sosialisasi ini.

(AAP/DK)

PLEASE LOGIN

Silahkan login untuk mendapatkan tips dan trick gadget anda.

512
512