Ponsel Pertama Windows 10 Rilis 6 Oktober
Detik — 15 Sep 2015 17:57

Ponsel Pertama Windows 10 Rilis 6 Oktober

Jakarta - Microsoft tak mau ketinggalan dengan produsen-produsen lain yang sudah meluncurkan ponsel jagoannya ke pasaran. Raksasa software ini sudah menyebar undangan acara yang akan digelar 6 oktober mendatang. Spekulasi lantas mengarah ke ponsel pertama Windows 10.

Mengacu pada bocoran yang selama ini beredar, sangat mungkin ponsel yang dimaksud adalah Lumia 950 dan 950 XL – sebelumnya sempat dibilang Lumia 940 dan 940 XL. Ponsel ini memang menjanjikan spesifikasi mumpuni, layarnya disebut mengusung resolusi QHD (2.560 x 1.440 pixel) dan dibekali kamera PureView 20 MP.

Sedangkan prosesornya menggunakan Snapdragon 808 yang berteknologi enam (hexa) core, dan dipadu dengan penggunaan RAM sebesar 3 GB. Besaran memori internalnya juga lumayan, kapasitasnya mencapai 32 GB. Selain itu, port USB-C juga mungkin bakal pertama kali hadir di seri Lumia melalui kedua ponsel.

Beberapa waktu lalu CEO Microsoft Satya Nadella pernah bilang Microsoft butuh ponsel yang hebat untuk bisa bersaing dengan produsen-produsen lainnya. Bisa jadi Lumia 950 dan 950 XL jadi jawaban atas hal tersebut, karena punya spesifikasi yang membuatnya layak bersanding dengan ponsel premium terbaru yang telah dirilis.

Tapi terlepas dari spesifikasi premiumnya, daya tarik kedua ponsel tentu juga berasal dari OS yang diusungnya. Ya, kalau jadi Lumia 950 dan 950 XL bakal jadi ponsel pertama yang dibenamkan Windows 10. Adapun lokasi peluncurannya akan dilakukan di Skylight, Moynihan Station, New York, Amerika Serikat, pada jam 10 pagi.

Kejutan Microsoft tak sampai di situ, seperti detikINET kutip dari VR-Zone, Selasa (15/9/2015), kabarnya Microsoft juga akan merilis tablet Surface Pro 4, gelang pintar Microsoft Band, dan konsol game Xbox One Mini di acara yang sama.

Namun soal Xbox One Mini masih disangsikan, karena beberapa waktu lalu Phil Spencer yang merupakan Head of Xbox telah menepis isu yang beredar soal versi mungil Xbox One tersebut.

(yud/ash)

512
512