Perangkat iOS Kuasai 66% Pangsa Pasar Enterprise di Kuartal 3 2015
MakeMac — 26 Nov 2015 13:44

iPhone

Perusahaan penyedia solusi keamanan mobile, Good Technology, baru-baru ini merilis hasil statistik terbarunya mengenai pangsa pasar perangkat iOS di ranah enterprise selama kuartal ketiga 2015.

Dari data terbaru perusahaan milik BlackBerry ini seperti dilansir Apple Insider, pangsa pasar Apple di ranah enterprise tercatat naik sebesar 2 persen dari kuartal sebelumnya menjadi 66 persen di triwulan ketiga 2015 lalu.

Pangsa Pasar iOS - Enterprise

Sedangkan pangsa pasar Android telah terkikis iOS dari 32 persen pada kuartal kedua menjadi 31 persen di kuartal ketiga 2015. Di posisi bontot, ada Microsoft Windows dengan pangsa pasar hanya 2 persen, turun dari sebelumnya yang mencapai 3 persen.

Masih dalam laporannya, GT mencatat adopsi iOS tetap yang paling besar dibanding platform lainnya. Di sektor publik, adopsi iOS mencapai 83 persen, sektor layanan keuangan dan pendidikan sebesar 77 persen, dan 68 persen di sektor asuransi.

Baca juga:

Di sektor transportasi dan teknologi, adopsi Android tercatat paling tinggi. Adopsi Android di dua sektor ini masing-masing menguasai pangsa pasar sebesar 50 dan 52 persen.

Peluncuran iPhone 6s dan iPhone 6s Plus pada pertengahan September lalu diklaim telah membantu melambungkan pangsa pasar Apple di ranah enterprise selama kuartal ketiga.

Kendati demikian, pangsa pasar iOS ini mengalami kemerosotan jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pangsa pasar iOS sempat menyentuh angka 77 persen pada 2012 silam. Setahun kemudian, pangsa pasar iOS jatuh menjadi 73 persen saja. Anjloknya pangsa pasar iOS ini dituding akibat melemahnya penjualan lini iPad.

512
512