Esia Stop Layanan, Penjualan Basic Phone Meningkat
Selular — 20 Mar 2016 13:29

Jakarta, Selular.ID – Awal Maret gonjang ganjing seputar kelanjutan layanan Esia terjawab sudah. Melalui pengumuman di laman resminya, operator CDMA tersebut menghentikan seluruh layanannya, kecuali di beberapa kawasan tertentu.

Kepada Selular.ID, Teguh Anantawikrama, Chief Regulatory Officer Bakrie Telecom, menyampaikan bahwa layanan voice dan SMS esia di Jakarta dan seluruh wilayah Jawa Barat, serta Banten, tidak akan ditutup. “Kami masih beroperasi normal di area Jakarta, Jabar, dan Banten. Pelanggan tetap bisa menikmati layanan voice dan SMS dari Esia, kecuali akses data,” ujarnya.

Walau di Jakarta layanan Esia masih bisa dinikmati, ternyata keputusan operator milik Bakrie Group membuat penjualan basic phone cukup meningkat.

Menurut Hasan, pemilik gerai Jakarta ponsel, semenjak nasib layanan Esia tidak jelas, cukup banyak penggunanya yang akhirnya beralih membeli basic phone. “Kebanyakan Esia dipakai untuk sms dan telepon saja, begitu layanannya tidak jelas, pelanggan sengaja membeli basis phone, untuk mengganti ponsel Esia tadi,” terangnya.

“Sebenar penjualan basic phone sendiri terbilang stabil, tapi begitu kabar di tutupnya Esia makin genjar, membuat penjualan produk dengan kemampuan dasar tersebut meningkat. Minimal sehari ada 3-4 basic phone yang saya jual, harganya sendiri ada di kisaran 2-3 ratus ribuan,” tutur pria yang membuka lapak di area Mal Ambasador.

Baca Juga:  Esia Resmi Tutup Layanan, Kecuali di Jakarta

Masih di kawasan Mal Ambasador. Jacky, pemilik J-Phone, membenarkan jika pendapatan dari penjualan basic phone meningkat. “Saya tidak tau apakah ini efek dari penutupan Esia atau tidak, yang pasti sejauh ini memang ada peningkatan permintaan basic phone,” tuturnya.

Jacky melanjutkan, konsumen yang membeli basic phone cukup beragam. “Tidak hanya kalangan pemula saja, tapi orang kantoran juga banyak yang masih mencari ponsel dengan kemampuan dasar tersebut,” jelas pria bertubuh tambun ini.

“Biasanya orang kantoran membeli ponsel basic, hanya untuk sms dan telepon saja, lantaran baterainya sangat awet. Kalau dari segi produk, basic phone yang paling diminati masih dari produk Nokia, yang sekarang sudah diakusisi Microsoft. Lumayan sehari ada 2-4 produk yang laku,” tukasnya.

512
512