Tri Manfaatkan Data Center milik Telkom
— 29 Apr 2016 11:15

1:01 pm | Friday 29 April 2016

Tri Manfaatkan Data Center milik Telkom

Muhammad Danny Buldansyah (dok)


JAKARTA (IndoTelko) –  PT Hutchison 3 Indonesia (H3I) memanfaatkan data center milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk ekspansi kapasitas dan optimalisasi layanan telekomunikasi seluler. “Kita manfaatkan data center yang berlokasi di STO Telkom Sentul untuk kebutuhan jaringan pelanggan seluler,” ungkap Wakil Direktur Utama H3I Muhammad Danny Buldansyah melalui pesan singkat ke IndoTelko, Jumat (29/4). Diharapkannya, kemitraan dengan Telkom bisa berlanjut berupa  memanfaatkan lebih banyak lagi layanan Telkom sebagai fasilitas tambahan untuk melayani seluruh pelanggan Tri.


Data Center Sentul merupakan data center ke-3 yang dimiliki Tri di wilayah Jabodetabek setelah Menara Mulia dan Plaza Kuningan. Data center terbaru ini akan berfungsi sebagai pusat integrasi jaringan IT dan  network, sekaligus berfungsi sebagai Disaster Recovery Center (DRC) yang sebelumnya telah juga didirikan di dua lokasi pertama. Perluasan data center ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi selular baik untuk layanan data, telepon dan SMS. Data Center Sentul ditempatkan di gedung dan lahan seluas 758 meter persegi milik STO Telkom. Fasilitas ini adalah hasil retrovit STO yang dicanangkan sejak 2014 oleh Telkom. Danny mengungkapkan, tahap selanjutnya dari kerja sama ini adalah untuk penempatan sarana telekomunikasi lainnya seperti Metro Ethernet, IP Transit yang akan mendukung operasional Data Center Sentul kedepannya. Telkom sendiri memiliki data center dengan klasifikasi Tier 3 di Sentul yang dikelola anak usahanya, Telkomsigma.

Kabarnya, Tri tengah menjajaki menggunakan fasilitas data center spesifikasi Tier-3 yang tengah dibangun Telkomsigma di Balikpapan.(dn)

Copyright©2012 Indotelko, All Rights Reserved

512
512