Telkom smart city nusantara akan diadopsi Provinsi Jateng
— 10 Jun 2016 10:15

10:15 am | Friday 10 June 2016

Telkom smart city nusantara akan diadopsi Provinsi Jateng

Suasana MoU Telkom dan Pemprov Jateng untuk Cyber Province (dok:TLKM)


JAKARTA (IndoTelko) – Konsep smart city nusantara yang dimiliki Telkom akan diadopsi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) dalam membangun Cyber Province. “Telkom baru tandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemprov Jateng, Kamis (9/6) untuk smart city nusantara. Ini menarik sekali, tak bicara satu kota, tetapi satu provinsi. Penuh tantangan bagi Telkom mewujudkan impian Pemprov Jateng menjadi Cyber Province,” ungkap Direktur Enterprise dan Business Services Telkom Muhammad Awaluddin dalam regular sharing session dengan IndoTelko, Jumat (10/6). Diungkapkannya, secara konektivitas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Jateng sekitar 99% sudah terkoneksi oleh jaringan Telkom. “Kita akan membuat Jateng One yaitu membangun atau mengintegrasikan infrastruktur di provinsi-SKPD provinsi-Pemkab/Pemkot dan  SKPD-nya, termasuk data center, dan atau disaster recovery center. Kami punya semua solusinya,” katanya.


EGM Telkom Divisi Government Service M. Salsabil menambahkan nantinya akan dibangun smart system bagi Pemprov Jateng yang meliputi Smart office, Smart health, Smart education, Smart surveilence, Smart public service,  Smart transportation, Smart budgeting, Command control. dan solusi lain sesuai dengan kebutuhan pemerintah daerah. “Nanti akan ada Dashboard executive manajemen, berisi report manajemen untuk informasi penting yang digunakan dalam pengambilan keputusan segera,” katanya. Sekadar diketahui, Telkom Smart City Nusantara  terdiri dari  Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.

Adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep smart city nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi smart city dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.(id)

Copyright © 2012 IndoTelko, All Rights Reserved

512
512