Smartphone LTE Cat 9 Dukung Teknologi 3 Carrier Aggregation
Okezone — 17 Jun 2016 21:19

JAKARTA - Smartfren hari ini Sukses membuat terobosan dengan uji coba 3 Carrier Aggregation. Tes ini merupakan langkah pertama dari operator Indonesia untuk melakukan kombinasi tiga Spektrum.

Sekedar informasi, 3 Carrier Aggregation memungkinkan operator untuk menggabungkan tiga Spektrum menjadi satu. Hasilnya kecepatan data akan meningkat secara lebih pesat. Dalam hal ini, Smarften menggabungkan Spektrum 10Mhz di FDD 850Mhz dan Spektrum 10Mhz + 20Mhz di TDD 2.3Ghz.

Pihak Smartfren menyatakan bahwa secara jaringan, layanan ini sudah siap. Sayangnya, metode 3 Carrier Aggregation membutuhkan perangkat mobile yang sudah Kompatibel.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna harus menggunakan device yang didukung jaringan LTE Cat 9. Sayangnya, belum ada perangkat di Indonesia yang mendukung 3 Carrier Aggregation.

Smarften yang dikenal memiliki ponsel bundling Andromax, mengaku bahwa device Andromax belum dapat mendukung 3 Carrier Aggregation. "Andromax itu ditujukan sebagai ponsel entry level, jadi secara teknologi belum cukup. Apalagi metode ini membutuhkan chipset Qualcomm 800 series," kata Munir Syahda Prabowo, VP Spesial Project Network Smartfren.

Ia melanjutkan bahwa device yang berada di pasaran saat ini belum ada yang mendukung 3 Carrier Aggregation. Namun, ia berharap metode ini dapat menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia di masa mendatang.

512
512