3 Carrier Aggregation Smartfren Suguhkan Speed 4G 3 Kali Lipat
Selular — 18 Jun 2016 11:17

image

Tangerang, Selular.ID – Smartfren semakin agresif dengan layanan 4G dengan menyediakan teknologi LTE yang paling canggih. Setelah sukses menyediakan teknologi dual carrier aggregation, Smartfren kini siap beralih ke three carrier aggregation atau disingkat 3CA. 

Bertempat di kantor Smartfren di Serpong, penyedia layanan 4G itu bermitra dengan Nokia dan Qualcomm dalam melakukan uji coba 3CA pertama di Indonesia, yang disaksikan sejumlah media di Tangerang (17/6/2016).

Uji coba ini menggunakan Mobile Development Platform Smartphone (MDP/S) atau lebih dikenal sebagai perangkat prototipe yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 820, beroperasi pada jaringan 4G LTE Advanced Smartfren dan menggunakan teknologi LTE Advance Nokia Networks. 

Kombinasi 3 carrier aggregation ini memungkinkan Smartfren untuk mengaggregasikan spektrum 10Mhz di FDD 850MHz dan spektrum 10Mhz + 20Mhz di TDD 2300GHz, yang dapat menghasilkan kecepatan mencapai hingga 240Mbps. 

Terlihat dalam hasil uji coba real time, kecepatan unduh Smartfren mencapai angka 218.20 Mbps.

Dalam workshop uji coba, Christian Daigneault, CTO Smarfren, mengatakan bahwa uji coba teknologi 3CA pertama di Indonesia ini memungkinkan Smartfren untuk menyediakan kecepatan unduh dan kinerja aplikasi yang lebih cepat dan tinggi, serta konektivitas yang andal dengan wilayah cakupan yang lebih luas. 

Christian melanjutkan, kesiapan dari ekosistem mobile end-to-end akan menentukan kesuksesan dari implementasi teknologi carrier aggregation. Tantangan yang harus dihadapi oleh industri telekomunikasi di Indonesia adalah kecepatan konektivitas dan luasnya cakupan jaringan.  

“Kami sangat bersemangat untuk menjadi operator pertama di Indonesia yang berhasil melakukan uji coba teknologi 3 carrier aggregation dalam jaringan 4G LTE Advanced kami, yang menyediakan konektivitas yang lebih cepat dan kualitas jaringan yang andal untuk pelanggan kami. Keberhasilan dari implementasi ini merupakan langkah besar untuk masa yang akan datang,” ucap Christian.

Baca Juga:  Smartfren Lepas Eksklusifitas VoLTE dengan Aplikasi Smart VoLTE

Hadir dalam uji coba, Ripudaman Lamba, Head of Customer Team, Nokia Networks, mengatakan bahwa perusahaannya akan memastikan tersedianya jaringan berkualitas tinggi yang bisa membantu Smartfren memenuhi berbagai tantangan, seperti permintaan kapasitas data yang lebih tinggi dan transfer data yang lebih cepat. “Dengan teknologi canggih dari Nokia, Smartfren akan mampu meningkatkan kinerja jaringannya, menyediakan pengalaman mobile broadband kelas dunia kepada pelanggan,” jelas Ripudaman.

Pada kesempatan yang sama, Shennedy Ong, Country director Qualcomm Indonesia, mengatakan bahwa dengan kombinasi 3 carrier aggregation, pengguna dapat menikmati kecepatan unduh dan respon aplikasi 3x lebih cepat, koneksi yang andal, dan akses ke jaringan yang berkualitas tinggi, menggunakan perangkat yang mendukung Cat 6 (atau lebih).

Meningkatnya permintaan untuk kapasitas data yang lebih tinggi dan transfer data yang lebih cepat, telah meningkatkan kebutuhan untuk implementasi carrier aggregation. 

Teknologi ini dapat meningkatkan bandwidth dengan memungkinkan operator untuk mengaggregasi hingga 5 carriers secara bersamaan, menciptakan data pipe yang lebih besar dengan total bandwidth sampai dengan 100MHz. 

Inovasi ini memungkinkan operator untuk meningkatkan tingkat kecepatan data, meningkatkan cakupan downlink dan menyederhanakan manajemen multi-band traffic.

URL: http://selular.id/H312cf

512
512