Network Sharing Pangkas Cost Jaringan Operator
Okezone — 24 Jun 2016 22:03

​​​​​​​JAKARTA - Network sharing bisa dilakukan antar operator telekomunikasi untuk memangkas cost (pengeluaran). Very Jodi, Senior Manager, Integrated Solution and Sales Huawei Indonesia memberikan sedikit penjelasan tentang Network Sharing.

"Misal Indosat bangun site di sini, XL bangun di sini, kalau dua-duanya bangun ini, sebenarnya kan bisa kerja sama nih. Kita bangun di satu titik saja, biayanya bisa sharing," kata Jodi kepada Okezone di Jakarta.

Ia mengatakan, network sharing bisa melalui satu BTS, di mana BTS itu dipakai oleh dua operator. "XL dipakai, Indosat dipakai, itu bisa. Itu namanya sharing jaringan," tambahnya.

Jodi mengumpamakan, misalnya di kota A, XL yang menjadi home, lalu Indosat Ooredoo yang menyewa kepada XL. "Jadi mereka ada hitungannya, bagaimana bisnis modelnya. Kalau dari sisi Huawei, enggak terlalu ikut campur, karena itu urusan bisnis mereka," tuturnya.

Huawei mendukung dari sisi teknikal. "Misalkan XL minta di situ ada BTS dan bisa melayani dua network, nanti giliran di kota lain misalnya, Indosat jadi home, si XL ikut saja (menyewa) sama Indosat,” tuturnya.

Menurutnya, network sharing memiliki banyak keuntungan dari sisi operator telekomunikasi. "Memang bagusnya seperti itu, karena pemerintah kan dulu bilang jangan terlalu banyak tower secara estetika juga enggak bagus. Ini bisa memangkas cost dan supaya memudahkan operator ketimbang urus perizinan (bangun site di tempat lain)," jelasnya.

Jenis Network Sharing

Very Jodi mengungkapkan, ada istilah yang akrab dalam network sharing, yakni Multi-Operator Radio Access Networks (MORANs) atau MOCN sharing (Multi Operator Core Network).

"Jenisnya beda-beda, Moran itu memakai frekuensi masing-masing dari setiap operator. Jadi kalau Moran, XL pakai frekuensi XL, Indosat pakai frekuensi Indosat atau operator lain juga bisa pakai frekuensi mereka sendiri, tetapi secara hardware, dia bisa satu saja," jelas Jodi.

Sementara untuk MOCN, operator berbagi tidak hanya infrastruktur atau BTS, tetapi juga spektrum frekuensi. MOCN memungkinkan dua operator saling berbagi spektrum yang dimiliki.

512
512