12% Pelanggan XL Sudah Menggunakan 4G
Selular — 25 Jun 2016 13:35

IMG_20160625_57501Jakarta,Selular.ID – Seiring dengan memasyaraktnya 4G Indonesia, semakin banyak masyarkat yang mengunakannya. Jumlah pelanggan XL yang telah memanfaatkan jaringan 4G hingga saat ini mencapai 6 juta, atau sekitar 12% dari jumlah total pelanggan XL Axiata. XL sendiri mentargetkan 10 juta pelanggan 4G hingga akhir 2016.

Dian Siswarini CEO PT XL Axiata menuturkan, selain mentargetkan jumlah pelanggan, XL Axiata juga mentargetkan kota-kota yang sudah tercover jaringan 4G.

“Sampai akhir tahun kami mentargetkan 100 kota, dan saat ini sudah ada 59 kota sudah mendapat layanan 4G, diharapkan sisanya bisa segera terealisasi,” ujar Dian dalam acara buka puasa bersama di kantor XL (24/06/16)

Lebih jauh Dian menuturkan untuk mendukung 4G, dari sisi jaringan XL telah menerapkan Network Functions Virtualization (NFV) sekaligus sebagai solusi untuk mendukung strategi bisnis XL dalam memenangi kompetisi sekaligus memenuhi kebutuhan pelanggan. NFV ditegaskan Dian sebagai solusi untuk mempercepat implementasi layanan-layanan baru berbasis 4G sesui dengan strategi bisnis.

Untuk saat ini XL Axiata bekerjasama dengan Facebook untuk meningkatkan performa dan kualitas akses. Kerjasama yang dilakukan berupa penempatan mirror cable aplikasi Facebook di data center lokal milik XL. XL juga mendeploy kapasitas sebesar 60GB secara Nasional. Dengan komposisi 30G di area west dan 30G di area east yang telah selesai sejak pertengahan Juni 2016.

“Saat ini besarnya trafik XL ke arah Facebook sebesar 30G, dengan adanya loca mirror  cache engine akan meningkatkan kualitas performa akses ke Facebook dibanding sebelumnya dimana harus akses ke server Facebook diluar negeri menggunakan direct peering di Singapura,” tutup Dian

512
512