LINE Dukung Ekonomi Kreatif lewat LINE Creativate 2016
Techinasia — 7 Oct 2016 11:00

Setelah sukses di tahun pertamanya dengan program LINE Creative Day, kini LINE kembali menggelar kegiatan serupa yang dinamakan LINE Creativate. Dengan mengusung tema “Closing Distance” kali ini mereka  ingin mendukung pembangunan industri kreatif Indonesia.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik periode 2010-2013, sektor ekonomi kreatif telah menyumbang 7,8 persen terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia mengungkapkan bahwa Line Creativate 2016 merupakan ajang kompetisi kreatif bagi talenta lokal Indonesia untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi melalui kompetisi-kompetisi kreatif serta meningkatkan daya saing para creator Line dalam pembangunan ekosistem digital kreatif.

Dari game, sampai foto selfie

Di tahun kedua ini, Ongki mengungkapkan terdapat empat lini kompetisi yang menargetkan 10.000 partisipan kompetisi kreatif pada periode 18-20 November 2016. Ragam kompetisi yang ada adalah kompetisi Webtoon, kompetisi stiker LINE dan kompetisi bagi developer game. Selain itu juga terdapat kompetisi foto selfie untuk masyarakat umum yang juga ingin berpartisipasi.

Sejak tahun lalu, LINE telah bekerja sama dengan  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Di tahun ini, LINE juga berencana melakukan roadshow di beberapa kota besar di Indonesia.

“Melalui kompetisi LINE Creativate 2016, kami ingin membuka peluang bagi apara insan kreatif Indonesia untuk memonetitasi, terhubung dan menampilkan karyanya ke pasar lokal dan internasional,” ungkap Ongki.

Menggali potensi di tanah sendiri

Sebagai salah satu negara fokus utama LINE, Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi pengguna. Sejak tahun 2014 hingga 2016, pengguna aktif Line naik dua ratus persen. Ongki mengatakan data per Juni 2016 terdapat 220 juta pengguna aktif yang ada.

Menjual stiker Line | Featured Image

Sementara itu, Manager Line Webtoon Indonesia  Gina Fiany, mengatakan bila layanan ini telah mendapatkan enam juta pembaca tiap bulannya. “Sejak setahun beroperasi di April 2015, Webtoon mendapatkan pembaca terbanyak dibanding negara lain,”ungkapnya.

Apa rahasia sukses monetisasi stiker LINE?

Saat ini terdapat 88 judul Webtoon dengan 52 cerita yang masih tayang dan 36 kreator lokal. Ia juga menambahkan bahwa kreator Webtoon kini telah mendapatkan gaji bulanan.

Meski begitu, saat dikonfirmasi mengenai persaingan dengan kompetitor di ranah global, Ongki belum bisa menjelaskan lebih lanjut. Ia hanya mengungkapkan dengan potensi Indonesia sekarang bisa membuat LINE berada di posisi yang cukup menjanjikan.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

512
512