Gandeng Kreditplus, JD Hadirkan Lini Pembayaran Tanpa Kartu Kredit
Techinasia — 1 Dec 2016 20:15

Guna memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan pembayaran pada layanannya, JD menambah sistem pembayaran terbarunya dengan menggandeng layanan pembiayaan, Kreditplus. Sistem pembayaran yang ditawarkan adalah metode cicilan tanpa kartu.

Sebelumnya, JD menyediakan beberapa sistem pembayaran yaitu kartu kredit, COD, dan transfer bank . Dari ketiga layanan yang tersedia, pembayaran lewat kartu kredit masih mendominasi sebanyak empat puluh persen dibanding layanan lainnya.

Abraham Harahap, Head of Partnership & Alliance JD yang biasa disapa Abe ini mengatakan bahwa kartu kredit masih mendominasi pembayaran karena awalnya JD hadir dengan mengusung sistem pembayaran kartu kredit.

Abe mengungkapkan bahwa Kreditplus merupakan partner perusahaan multi finance pertama yang bekerja sama dengan JD. Selain itu, perusahaan yang berbasis di China ini juga bekerja sama dengan perusahaan finansial teknologi, Tunaiku, untuk menyediakan layanan cicilan tanpa kartu. Dari kedua partner tersebut, porsi sebanyak 55 persen didominasi oleh Kreditplus.

Target peningkatan transaksi

Dengan sistem pembayaran terbaru yang ditawarkannya ini, pihaknya yakin bisa turut menyumbang porsi yang signifikan. Sekitar sepuluh hingga lima belas persen transaksi ditargetkan datang dari layanan cicilan tanpa kartu kredit. Terkait peningkatan, pihaknya berharap bisa mendapatkan jumlah transaksi sebesar 4500 hingga 5000 transaksi per bulan setelah adanya integrasi metode cicilan tanpa kartu kredit.

JD.ID

Lebih lanjut, Abe mengungkapkan bahwa kerja sama antara JD dan Kreditplus telah terjalin sejak bulan Juli lalu dengan nilai transaksi yang didapatkan hingga bulan November telah mencapai Rp2 miliar.

Sementara itu, untuk produk yang dapat dicicil lewat Kreditplus, Vincentius Rahina Surya, GM Business Development Kredit Plus mengungkapkan bahwa beberapa produk yang bisa dibiayai lewat metode pembayaran Kreditplus di JD diantaranya handphone, phablet, perangkat rumah tangga, audio video, furnitur, game console, alat musik, peralatan fitnes, komputer dan notebook serta babystroller.

Hingga saat ini, Abe menyebutkan tercatat sekitar enam ratus pengguna yang sudah melakukan transaksi di JD lewat Kreditplus dengan mayoritas membeli gadget atau handphone.

Terkait bunga yang ditawarkan, Vincent mengatakan bahwa pihaknya menerapkan sistem bunga sebesar 2,99 persen tergantung pada kategori barang dan tenor. Bahkan, pihaknya mengklaim terdapat produk tertentu yang memiliki bunga lebih rendah dari kartu kredit.

Prosedur pengajuan kredit

Untuk setiap pemesanan yang dilakukan dengan sistem pembayaran ini, konsumen diharuskan untuk melakukan pengisian formulir pengajuan terlebih dulu. Nantinya, data akan diolah untuk proses persetujuan selama maksimal tiga hari kerja. Setelahnya, konsumen akan dihubungi untuk mendapatkan informasi mengenai pengajuan kredit yang diajukan. Jika semua proses telah disetujui, JD akan mengirimkan barang yang dipesan.

Untuk melakukan proses pembayaran angsuran, pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa jaringan ATM, kantor pos, Alfamart dan Indomaret. Selain JD, beberapa pemain lain seperti MatahariMall, elevenia dan Bhinneka sudah menerapkan program cicilan tanpa kartu kredit dalam sistem pembayaran mereka. Bahkan, elevenia menjadi salah satu partner yang bekerja sama juga dengan Kreditplus.

512
512