8 Kebiasaan yang Bisa Merusak Handphone (2-Habis)
Okezone — 17 May 2017 18:10

JAKARTA – Meski terlihat sepele, namun beberapa kebiasaan penggunaan smartphone ini dapat merusak komponen di dalamnya tanpa kita sadari. Meski sering digunakan, pengguna juga harus berhati-hati dalam memakai ponsel. Terkadang sesuatu yang tak dihiraukan banyak orang, justru dapat merusak handphone itu sendiri.

Dimainkan saat Di-Charging

Tindakan tersebut yang paling berbahaya, proses pengisian daya baterai menimbulkan energi panas pada ponsel. Ketika digunakan saat sedang di-charging, panas dalam baterai akan meningkat dan akan menyebabkan drop.

Memakai Kabel Pengisi Daya Tidak Resmi

Jangan sembarangan menggunakan kabel charger yang bukan bawaan dari pabrik. Meski port charger merek lain berukuran sama dan dapat digunakan di ponsel, tetapi daya output yang dihasilkan sudah pasti berbeda.

Hal ini akan mengakibatkan usia baterai berkurang atau bisa jadi baterai terbakar.

Mengisi Daya Sambil Telefon

Kebiasaan ini tidak bagus untuk kesehatan tentunya, karena paparan radiasi yang digunakan lebih tinggi. Men-charging sambil menelefon juga dapat merusak komponen lainnya dalam ponsel.

Hindari Menggunakan Casing

Menambahkan casing bisa menyebabkan panas berlebih pada ponsel. Selain casing, bisa juga pengguna salah menaruh ponsel, seperti di dalam tas. Menjaga ponsel tetap di ruangan terbuka atau tidak membekapnya membantu suhu ponsel tetap stabil.

512
512