Review Microsoft To-Do, Aplikasi Pencatat Ringan dan Bebas Stres
MakeMac — 18 May 2017 15:34

By Bagus Hernawan

Posted on 18 May 2017

Microsoft membeli Wunderlist beberapa waktu lalu dan merilis aplikasi Microsoft To-Do sebagai penggantinya. Bagi pengguna perangkat Apple, Microsoft To-Do baru tersedia di iPhone dan juga peramban web. Tim MakeMac sudah mencoba selama beberapa saat dan ingin berbagi reviewnya dengan kamu. Yuk simak langsung!

Mengenal Microsoft To-Do

Microsoft memberikan fokus pengembangan Microsoft To-Do sebagai aplikasi pencatat yang cerdas, mudah dikelola secara harian dan bebas stres. Ya, disebut bebas stres karena tidak semua catatan kamu tampil di halaman yang sama. Pengguna bisa mendapatkan tampilan My Day untuk setiap pekerjaan atau rencana kegiatan yang akan dikerjakan dalam satu hari penih. Sisanya akan disembunyikan dan dapat kamu intip secara manual dari tampilan List.

Elemen Dasar di Microsoft To-Do

Sesuai dengan namanya, kamu akan mendapatkan catatan dalam mode baris ke bawah dan terdapat tanda checklist sebagai cara cepat memberi tanda bahwa pekerjaan sudah selesai. Untuk setiap catatan yang kamu buat, ada elemen pelengkap yang dapat diisi yaitu Add to My Day agar catatan ini tampil di hari itu dalam mode My Day, Remind me untuk catatan yang ingin tampil pada waktu tertentu dan Add Due Date untuk batas akhir catatan tersebut kamu kerjakan.

Terakhir adalah Add a note untuk menambahkan detail catatan dari pekerjaan tersebut. Tidak ada tombol Save atau Done untuk mengakhiri input kelengkapan catatan tersebut ya, silahkan tekan panah < saja untuk kembali atau slide dari kiri ke kanan layar untuk masuk ke halaman sebelumnya.

Cara Kerja List My Day

My Day adalah sebuah List yang berisi beragam catatan yang ingin kamu kerjakan hari ini. Cara mendapatkan tampilan catatan ini adalah memberi tanda Add to My Day dari sebuah catatan yang kamu buat. Atau ubah catatan tanpa keterangan waktu yang sudah dibuat sebelumnya menjadi My Day dengan cara yang mudah saja yaitu swipe dari kiri ke kanan.

Jika hari sudah berganti, semua catatan di My Day akan berubah dengan rencana kegiatan esok hari. Kamu dapat mengecek daftar catatan yang terlewat atau bisa dikerjakan pada waktu mendatang lewat mode Suggestions. Akses bagian ini dari mode My Day lalu tekan ikon bohlam lampu di kanan atas layar ya. Silahkan tekan ikon + di bagian kanan setiap catatan untuk memindahkannya ke mode My Day dengan mudah.

Baca Juga:

Membuat List Baru dan Ide Catatan

Selain list catatan di bagian My Day dan To-Do sebagai fitur bawan, kamu dapat menambahkan beragam List lain secara mudah dan cepat. Dari halaman utama sebuah List, tekan ikon 3 garis horisontal di kiri atas layar lalu pilih New List. Buat catatan baru dengan nama yang singkat dan jelas ya! Pengguna juga bisa mengatur urutan List dengan cara tekan dan tahan di bagian judul lalu geser ke atas dan bawah.

Untuk membuat nama List menjadi unik dan mudah diingat, saya menggunakan beragam karakter Emoji untuk awalan kata. Emoji ini dipilih karena tampilannya cukup besar dan terkadang lebih mudah dilihat daripada harus membaca nama List yang cukup panjang. Kamu bisa menggunakan kreasi serupa atau mungkin ide catatan lain dengan awalan nomor misalnya. Pengguna juga bisa melakukan pengaturan Theme dan warna dari sebuah List agar tampil lebih personal dan sesuai kebutuhan.

Catatan apa saja yang bisa kamu tulis di Microsoft To-Do? Apa saja yang kamu mau tentunya. Mulai dari daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dalam waktu dekat, list rencana tempat wisata kuliner seru di akhir pekan atau mungkin pengingat untuk agenda rapat mingguan – kamu bisa mencatat isi rapat dari bagian Notes yang ada di dalam rencana kegiatan tersebut.

Yuk Cobain Microsoft To-Do!

Tim MakeMac sudah mencoba Microsoft To-Do dan cukup menikmati aplikasi pencatat ini. Tampilan yang sederhana, kompak dan tentunya detail catatan lengkap adalah beberapa hal menarik di Microsoft To-Do. Sayangnya Microsoft To-Do belum mendukung fitur kolaborasi atau berbagi catatan bersama pengguna lain. Semoga Microsoft dan tim pengembang Wunderlist sudah mempersiapkan fitur tersebut ya!

Segera unduh Microsoft To-Do untuk perangkat iPhone ya! Aplikasi ini tersedia gratis dan hanya perlu membuat akun Microsoft saja di bagian awal. Gunakan tautan di bawah ini untuk mengunduh Microsoft To-Do dan selamat mencatat!

Download Microsoft To-Do · Harga: Gratis

iOS, iPhone, Microsoft, Productivity

512
512