Ini Cara Bikin Website Gampang dan Gratis
Selular — 18 May 2017 16:02


Jakarta, Selular.ID – Wirausaha penuh dengan tantangan, salah satunya adalah strategi promosi. Di era digital seperti sekarang ini, promosi melalui jalur internet memang tak terhindarkan. Sosial media menjadi channel yang paling diminati para pelaku wirausaha (seperti Facebook atau Instagram) serta platform chat (BBM dan LINE).

“Survei dari JakPat menyebutkan bahwa sebanyak 82 persen konsumen yang mencari informasi mengenai toko-toko di sekitarnya, adalah melalui mesin penelusuran. Dan informasi itu mayoritas bersumber dari UKM. Pentingnya internet ya karena itu. Tapi sayangnya banyak UKM yang susah (tersambung ke) internet,” ujar Fida Heyder, Marketing UMKM, Google Indonesia, pada acara WomenWill di Jakarta (17/5/2017).

Fida menuturkan bahwa yang terpenting dalam bisnis adalah menjaga hubungan dengan pelanggan (komunitas) Anda, di mana pun mereka berada. Mereka bisa menemukan Anda di Google Penelusuran dan Google Maps, namun sebenarnya melalui situs web lah di mana mereka bisa belajar lebih banyak tentang Anda.

“Sayangnya, kurang dari 16% bisnis di Indonesia punya situs web sendiri walaupun hampir separuh penduduk sudah menggunakan Internet. Ini artinya banyak bisnis yang kehilangan kesempatan menemukan calon pelanggan,”

Maka dari itu, sambung Fida, raksasa mesin penelusuran Google menyediakan layanan Google Bisnisku sejak dua tahun lalu. Jadi sebenarnya Google Bisnisku adalah daftar directory bisnis lokal, supaya bisnis Anda mudah dicari. Impact-nya untuk listing yang lengkap di Google, adalah lebih banyak kunjungan dan lebih banyak consideration.

“Banyak pemilik UKM berpendapat bahwa membuat suatu situs web adalah rumit, mahal dan butuh waktu lama. Kami mendengar keluhan Anda. Melalui Google Bisnisku, kami ingin memperkenalkan suatu cara yang mudah, gratis dan cepat untuk anda membuat situs web,” tutur Fida.

Ya, Google menyediakan layanan website gratis untuk pelaku UKM. Pertama kali diluncurkan di dunia adalah di Indonesia. Buat situs web pertama secara gratis, langsung lewat ponsel dan hanya dalam waktu kurang dari 10 menit. Fida memastikan hal itu sangat mudah, bahkan terkesan seperti ia menciptakan dirinya sendiri.

“Buat website baru, gampang, gratis, dari Google Bisnisku. Completely free alias gratis,” terang Fida.

Untuk menggunakan layanan Googloe Bisnisku, ikuti langkah berikut:

1. Cari Google Bisnisku di Google. Klik tampil di Google. Pilih tipe bisnis yang mau didatakan. Lalu pilih lokasi fisik. Cari nama toko Anda. Jika tidak ada, pilih tambahkan bisnis Anda.
2. Isi semua sampai lengkap. Mulai dari nama toko sampai alamatnya. Agar orang gampang menemukan toko Anda.
3. Setelah semua terisi, klik lanjutkan. Lalu centang persetujuan layanan.
4. Google akan memverifikasi melalui layanan pos. Beberapa minggu kemudian Anda akan menerima kode verifikasi dari Google. Lalu masukkan kode tersebut.
5. Toko Anda sudah muncul di Google.

“Kami menggunakan listing Google Anda untuk membangun situs web Anda, memilih desain yang sesuai dan memastikan situs web Anda bisa ditemukan di Google Penelusuran dan Gogle Maps,” papar Fida.

Setelah terdaftar di Google Bisnisku, sekarang Anda siap membuat website sendiri. Buat situs web Anda hari ini dengan hanya 3 langkah mudah:

1. Masuk akun Google Bisnisku. Lalu Google akan menarik semua data-data dari Google Bisnisku dan langsung di-create
2. Bisa diedit kalau mau ganti warna background dan foto-fotonya
3. Publikasikan. Selesai.

“Apapun jenis bisnis Anda, mulai dari kedai kopi hingga bengkel, Anda akan dapat melihat bagaimana sebuah situs web bisa membantu Anda menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Pelanggan mengakses sebuah situs bisnis untuk berbagai alasan, baik itu untuk menemukan alamat toko, melihat foto-foto, ataupun memesan meja dan membuat janji. Dengan sebuah situs web, bisnis Anda bisa lebih maju.

Dengan fitur pembuat situs dari Google Bisnisku, Anda dapat:

1. Membuat situs dengan tampilan yang selalu bagus dari perangkat mana pun pelanggan Anda mengaksesnya
2. Menjadikan bisnis Anda lebih menonjol, dengan memilih tema yang cocok, menambahkan foto-foto, dan menceritakan keunikan bisnis Anda
3. Mendapatkan domain gratis dari Google, langsung dari Google Bisnisku
4. Memberi informasi lebih tentang produk dan jasa yang Anda tawarkan, bagaimana menghubungi Anda, membuat reservasi, atau mendaftar newsletter Anda
5. Mengelola semua informasi di satu tempat yang dapat diakses dari desktop, ponsel, atau melalui aplikasi Google Bisnisku
6. Mengembangkan bisnis Anda dengan memanfaatkan AdWords Express dan memasarkan situs web baru Anda di internet

“Google selalu berkomitmen untuk membantu UKM lokal untuk masuk ke internet, dan kami berusaha untuk menjadikan proses ini semudah mungkin bagi para pemilik usaha. Kami percaya Anda bangga akan bisnis Anda. Dengan situs web Anda yang baru, perlihatkan spesialnya bisnis Anda ke teman, keluarga dan calon pelanggan di seluruh dunia.

URL: http://selular.id/hFNJUJ

512
512