Cara Aktifkan Senjata Rahasia Android 7.1 untuk Tangkis Virus
Detik — 11 Jul 2017 09:55

- Ada sebuah fitur di anyar di Android 7.1 yang jarang diketahui banyak orang, yaitu tombol darurat untuk mengatasi serangan malware atau virus.

Saat diaktifkan, fitur ini akan menutup aplikasi yang sedang terbuka dan mengembalikan layar yang sedang aktif ke layar home. Cara kerjanya adalah dengan menghitung jumlah tombol back yang ditekan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mengaktifkannya pengguna perlu memencet tombol back sebanyak 4 kali dengan kecepatan 0,3 detik untuk setiap tombol, atau lebih cepat. Jika sukses, aplikasi yang sedang dibuka akan otomatis tertutup dan ponsel akan kembali ke layar home.

Fitur ini berguna ketika ponsel terkena malware yang membajak tombol back sehingga tak bisa ditekan, atau menekan tombol back hanya akan membuka laman lain dari aplikasi nakal tersebut, demikian dikutip

dari Phone Arena, Selasa (11/7/2017).

Namun sayangnya fitur ini hanya tersedia di Android 7.1, yang menurut catatan terakhir sebarannya hanya sebesar 0,9% dari total perangkat Android yang beredar di pasaran saat ini. Semoga saja Google akan menambahkan fitur ini ke Android versi lainnya.

512
512