DO YOU KNOW: Ini Lho Alasan Air Laut Tak Tumpah ke Luar Angkasa!
Okezone — 10 Aug 2017 20:19

JAKARTA – Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui menjadi tempat bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk tinggal. Di dalamya terdapat banyak unsur yang bisa menjamin keberlangsungan hidup manusia, salah satunya adalah keberadaan air.

Dinukil dari berbagai sumber oleh Okezone, alasan mengapa air yang ada di Bumi tidak tumpah yakni karena Bumi sendiri memiliki gaya gravitasi yang kuat. Gaya gravitasi ini adalah contoh gaya sentral, yang merupakan gaya yang bisa memengaruhi dua benda yang memiliki besar, bergantung pada jarak massa kedua benda tersebut.

Jika coba dikaitkan, air laut adalah benda bermassa, begitu pun dengan Bumi. Kedua benda tersebut akhirnya bertemu dan terjadi interaksi sehingga menyebabkan gaya sentral. Itulah yang membuat air laut menempel pada Bumi.

Tidak tumpahnya air laut ke luar angkasa, dikarenakan air laut tidak memiliki gaya yang bisa mengalahkan gaya sentral. Alasan lainnya yang juga membuat air laut tidak bisa tumpah ke luar angkasa adalah karena Bumi memiliki wadah. Misalnya kerak Bumi yang memiliki kedalaman mencapai 100 km.

Kerak Bumi tersebut bisa diibaratkan sebuah dinding kaca yang dapat menjadi pembatas agar air di laut tidak bisa tumpah. Dengan adanya gravitasi, air laut yang ada di Bumi pun bisa tertarik sehingga tidak akan membuat air laut tersebut tumpah meskipun Bumi berbentuk bulat. Alasan mengapa air laut tidak tumpah juga banyak yang percaya karena bentuk Bumi justru datar. (afr)

512
512