HGST Rilis Hard Disk 14TB Pertama di Dunia untuk Enterprise
Yangcanggih — 6 Oct 2017 09:11

HGST, sebuah perusahaan di bawah bendera Western Digital baru-baru ini merilis hard disk pertama di dunia dengan kapasitas 14TB. Kapasitas tersebut dibuat untuk memenuhi kebutuhan enterprise dan data center yang membutuhkan penyimpanan skala besar dengan kinerja yang tinggi.

HGST Ultrastar Hs14 dibuat berdasarkan kebutuhan big data yang semakin besar sehingga perusahaan juga membutuhkan penyimpanan yang semakin besar juga. Dengan fokus pada total cost of ownership (biaya kepemilikan), perbandingan biaya di setiap rak server, konsumsi listrik, sistem pendingin, dan beragam faktor lainnya, HGST Ultrastar Hs14 ini mampu menawarkan kapasitas yang mumpuni sehingga perusahaan dapat mendapatkan kapasitas total yang lebih besar dalam ukuran server yang sama.

Hard disk ini dibuat dengan menggunakan teknologi shingled magnetic recording (SMR) yang telah ditingkatkan dari generasi sebelumnya dan menggunakan 8 platter yang diposisikan sedemikian rupa sehingga sehingga mampu memberikan kapasitas hingga 40 persen lebih besar. Sama seperti beberapa hard disk Western Digital dan HGST lainnya yang memiliki kapasitas besar, hard disk ini juga menggunakan teknologi HelioSeal yang berbasis helium.

Untuk menjamin kinerja agara tetap optimal serta menjamin keamanan data yang tersimpan di dalamnya, HGST Ultrastar Hs14 didesain untuk mampu bekerja terus menerus pada lingkungan data center dengan workload tinggi. Hard disk ini didesain memiliki umur pakai (MTBF) hingga 2,5 juta jam yang cocok untuk digunakan di data center yang bekerja nonstop.

Sebagai sebuah hard disk yang didesain khusus untuk lingkungan enterprise, HGST Ultrastar Hs14 ini sepertinya tidak akan tersedia di pasaran secara langsung. HGST Ultrastar Hs14 saat ini hanya akan tersedia melalui mitra-mitranya yang membangun perangkat server dengan menggunakan hard disk ini.

512
512