Tak Cuma Oreo, Ponsel Nokia Juga Dapat Android P
Telsetnews — 7 Oct 2017 00:36

Telset.id, Jakarta – HMD Global mengatakan seluruh jajaran smartphone Nokia yang sudah mereka luncurkan akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi Android Nougat. Bahkan, HMD menjanjikan bahwa Nokia 3, 6, dan 8 akan mendapatkan pembaharuan Android P.

Mengutip dari laman NDTV, langkah pertama untuk mewujudkan ini adalah dengan segera melakukan pembaharuan setelah Google meluncurkan Android Oreo kepada semua vendor. Ini berarti, semua perangkat Nokia yang dirilis HMD akan mendapatkan pembaharuan sebelum akhir 2017.

Hal ini sebenarnya di luar dari pakem Google. Karena biasanya dukungan jangka panjang sistem operasi Android seperti ini hanya diberikan untuk perangkat “buatan Google” saja, seperti Nexus atau Pixel. Selain itu, smartphone proyek Android One seperti Xiaomi A1 juga mendapatkan ‘kemewahan’ ini.

Seperti diketahui, saat ini seluruh ponsel Nokia, seperti Nokia 3, 6, dan 8 yang ada pasaran belum mencicipi Android Oreo 8.0. Ponsel Nokia tersebut masih berjalan di atas sistem operasi Android Nougat 7.0.

Sebelumnya, Chief Technology Officer HMD Global, Mikko Jaakkola sempat menyinggung soal rencana membuka bootloader smartphone Nokia. Tentunya ini kabar gembira bagi mereka yang senang untuk mengoprek perangkatnya.

Namun sayangnya, kabar itu telah dibantah oleh pihak Nokia, dan mereka mengatakan telah mengurungkan niat mereka untuk membuka bootloader. Entah mengapa Nokia pada akhirnya memutuskan untuk tidak jadi untuk melakukan hal tersebut. [NC/HBS]

512
512