UniMart, Marketplace Inovasi Besutan Anak Bangsa
Vivanews — 16 Oct 2017 15:15

VIVA.co.id – Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat, bersama Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menginisiasi dibentuknya 'Tokopedia' khusus perguruan tinggi.

Platform marketplace ini akan diberi nama 'UniMart' atau University Market. Jadi, produk-produk inovasi bersertifikasi yang diciptakan oleh para civitas akademik bisa didaftarkan di Unimart.

"Rencananya akan kita luncurkan tahun depan. Kita sudah mulai sosialiasikan ke perguruan tinggi berbadan hukum," kata Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe, di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Senin, 16 Oktober 2017.

Sementara untuk distribusi, Jumain mengaku bisa dikirim lewat kurir logistik yang bekerjasama dengan layanan kurir motor seperti GoSend, milik GoJek.

Selain membuat gerai secara online, Jumain juga mendorong agar civitas akademik memasarkan produk bersertifikasi dengan membuat gerai offline.

Gagasan membuat platform yang menggabungkan produk inovasi perguruan tinggi ini dilontarkan Rektor IPB, Herry Suhardiyanto, yang kemudian dikonsultasikan kepada Kemenristekdikti.

512
512