Qualcomm Pamer Konsep Smartphone 5G
Telsetnews — 17 Oct 2017 12:17

Smartphone 5G

Telset.id, Jakarta – Implementasi teknologi 5G ke perangkat smartphone kemungkinan sudah bisa kita lihat dalam satu atau dua tahun ke depan. Saat ini beberapa perusahaan teknologi sedang gencar-gencarnya mengujicoba teknologi tersebut. Salah satu perusahaan yang telah melakukan uji coba teknologi 5G di smartphone adalah Qualcomm.

Melansir dari The Verge, Qualcomm mengklaim telah sukses menyelesaikan percobaan pertama uji koneksi 5G di perangkat mobile atau smartphone. Pada tes tersebut, Qualcomm menggunakan modem 5G X50 dengan pita gelombang frekuensi 28GHz.

Qualcomm menyatakan kecepatan yang diraih sudah mencapai kecepatan Gbps (Gigabit), namun mereka juga menjanjikan akan segera menargetkan kecepatan 5Gbps saat teknologi tersebut benar-benar siap nantinya.

Selain sukses dalam tes pertama 5G di perangkat mobile, Qualcomm juga memamerkan referensi desain smartphone 5G pertamanya. Nantinya smartphone tersebut akan digunakan untuk menguji modem, radio dan juga jaringan 5G dengan para produsen smartphone.

Jika melihat uji coba yang dilakukan Qualcomm ini, ada kemungkinan para produsen smartphone akan mulai merilis perangkat 5G mereka di kuartal pertama tahun 2019 mendatang.

Smartphone 5G

Terlihat pada desain di atas, smartphone tersebut dibalut body berbahan dasar kaca atau keramik, seperti smartphone flagship saat ini. Selain itu, perangkat 5G ini memiliki kaca yang melengkung, persis seperti desain Samsung Galaxy S8 atau Note 8. Nampak juga bezel bagian atasnya yang tipis, meski di bagian dagunya masih terdapat tombol Home. (FHP/HBS)

512
512