Inilah Delapan Tool Andalan para UX Desainer di Dunia Mobile
Techinasia — 18 Oct 2017 12:30

Desain user experience (UX) di ranah mobile telah berkembang pesat, dan ada banyak tool di luar sana yang bisa kita gunakan. Di antara berbagai tool tersebut, kami mencoba memilih beberapa rekomendasi terbaik untukmu. Inilah delapan tool andalan yang harus dimiliki oleh setiap desainer UX mobile.

Proto.io

Proto.io | Screenshot 1

Proto.io adalah aplikasi yang didedikasikan khusus untuk membuat prototipe mobile. Lewat aplikasi ini, kamu bisa membuat dan meluncurkan prototipe yang interaktif dengan mudah.

Meskipun berwujud prototipe, kamu bisa membuatnya terasa seperti produk jadi sungguhan dan memastikan tampilan serta UX terbaik. Versi terbarunya juga telah dilengkapi fitur untuk mengekspor aset.

Situs Web: Proto.io

Sketch

Sketch | Screenshot 1

Untuk para desainer UX yang menyukai Mac, Sketch adalah solusi pilihan. Kamu dapat menggunakan Sketch untuk merancang situs web, ikon, serta antarmuka mobile. Sketch memiliki berbagai fitur unik, seperti Precision, The Inspector, Mirror, dan lain-lain.

Situs Web: Sketch

Appsee

Appsee | Screenshot 1

Appsee adalah solusi analitik kuantitatif yang dapat membantumu mengukur dan memahami pengalaman pengguna lebih baik. Fitur user session recording dan touch heatmap akan menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasimu, sehingga kamu dapat menemukan kekurangan dalam pengalaman mereka. Gunakan tool ini untuk merancang UX yang terbaik.

Situs Web: Appsee

Axure

Axure | Screenshot 1

Solusi tanpa perlu coding. Axure membantumu menciptakan wireframe dan mockup interaktif untuk testing serta mencari feedback. Dalam Axure, kamu bisa merancang layout prototipe kemudian menambahkan fungsionalitas di dalamnya. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan adalah pengetesan di perangkat mobile dengan fungsi share.

Situs Web: Axure

Optimizely

Optimizely | Screenshot 1

Optimizely adalah solusi untuk melakukan A/B testing. Lewat aplikasi ini, kamu bisa bereksperimen terhadap semua aspek aplikasi mobile milikmu, mulai tutorial onboarding sampai program loyalitas pengguna. Cari tahu apa yang berhasil dan apa yang gagal, sehingga kamu bisa mempertahankan pengguna dengan lebih optimal.

Situs Web: Optimizely

UXPin

UXPin | Screenshot 1

UXPin menawarkan platform desain UX full-stack yang memfasilitasi kolaborasi gesit dalam tim desain. Kamu bisa merancang, membagi, dan menguji coba prototipe serta mengumpulkan feedback dari setiap anggota tim. Kamu juga dapat mengubah desain dari Sketch atau Photoshop menjadi prototipe di dashboard UXPin.

Situs Web: UXPin

Trello

Trello | Screenshot 1

Trello membantumu mengatur pekerjaan dengan bantuan tampilan visual. Buat berbagai board untuk memantau proyek, dan jalin komunikasi dengan para kolega lewat kartu-kartu tugas yang bisa disematkan pada orang tertentu. Trello akan memastikan bahwa kamu dan para stakeholder tetap sejalan.

Situs Web: Trello

InVision

InVision | Screenshot 1

InVision adalah alat prototyping andal yang akan membantumu bekerja dengan alur yang lebih baik. Dengan InVision, kamu bisa mendesain lebih cepat dan berkolaborasi lebih mudah.

Keberadaan ruang untuk menyimpan, membagi, serta mendiskusikan ide desain akan membuat proses perancangan UX dalam proyekmu lebih hidup. Pastikan timmu dapat berkomunikasi secara real time dengan menggunakan InVision.

Situs Web: InVision

Itulah beberapa tool yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan pekerjaanmu dan kualitas produkmu. Sudahkan kamu mencobanya? Bagaimana kesan yang kamu dapatkan? Mari berdiskusi di kolom komentar.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

512
512