Duh, iPhone Bisa Jadi Alat Mata-Mata Lewat Izin Kamera
Okezone — 31 Oct 2017 17:21

​​​​​​​

JAKARTA - Pernahkah Anda menyadari bahwa smartphone iPhone kemungkinan bisa menjadi alat mata-mata? Seorang pengembang Google bernama Felix Krause telah menemukan aplikasi di iPhone yang dapat melakukannya.

Ia mengilustrasikan bagaimana aplikasi tersebut menjadi mata-mata yang secara diam-diam mengambil foto tanpa penggunanya sadari.

Memberikan izin akses kamera kepada aplikasi dapat memberikan keleluasaan terhadap kamera depan dan belakang untuk mengaktifkan rekaman video dan pengambilan gambar saat aplikasi tersebut ditampilkan.

Pengguna tak akan diberikan pemberitahuan bahwa aplikasi tersebut telah mengambil foto. Selanjutnya, aplikasi ini akan mengirimkan foto tersebut ke server di luar tanggungjawab Apple.

Tak hanya itu aplikasi yang tak disebut namanya itu juga bisa menjalankan pengenalan wajah secara real-time, mendeteksi fitur wajah dan ekspresi tertentu.

"Pengguna iOS sering memberi akses kamera ke aplikasi segera setelah mereka mendownloadnya (misalnya, menambahkan avatar atau mengirim foto)," tulis Krause dikutip dari Petapixel, Selasa (31/10/2017).

"Aplikasi ini, seperti aplikasi perpesanan atau aplikasi berbasis feed berita, dapat dengan mudah melacak wajah pengguna, memotret, atau streaming langsung kamera depan dan belakang, tanpa sepengetahuan pengguna," imbuhnya.

Meski demikian perlu diingat bahwa aplikasi yang diuji oleh Krause bukanlah yang secara resmi ada di iTunes App Store. Apple sendiri memiliki kebijakan peninjauan yang ketat untuk menyeleksi setiap apliaksi yang masuk di dalamnya.

(kem)

512
512