Tips Belanja Online Aman Jelang Harbolnas
Vivanews — 4 Dec 2017 15:40

VIVA – Marketplace Bukalapak kembali berpartisipasi dalam perhelatan akbar Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pada 12 Desember 2017.

Untuk itu, baik pembeli maupun penjual, perlu mengetahui bagaimana cara berbelanja online secara aman dan nyaman.

Vice President Marketing Bukalapak, Bayu Syerli mengatakan, tips belanja online ini diambil dari beberapa hal yang sering menjadi kendala dalam berbelanja maupun berdagang secara daring.

Pertama-tama, kata Bayu, harus dipastikan website yang diakses diawali https bukan http saja. Lalu, pastikan website yang diakses adalah milik platform dituju, misalnya Bukalapak.

"Kalau website kami www.bukalapak.com. Selanjutnya, jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya, username, password atau OTP. Tujuannya menghindari pencurian akun yang bisa saja disalahgunakan oleh oknum bertanggung jawab," ujar Bayu, dalam keterangan resminya, Senin, 4 Desember 2017.

Kemudian, abaikan apabila ada modus phising seperti proses transaksi. Modus seperti ini biasanya terjadi saat melakukan transaksi.

Oknum mengirimkan link phishing dan meminta pembeli untuk mengonfirmasi pesanan dengan cara meng-klik link tersebut.

"Modus mengatasnamakan admin, oknum mengirimkan pesan yang berisi bahwa pembeli mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya, dan meminta untuk meng-klik link yang diberikan," paparnya.

Bayu kembali mengingatkan kalau pembeli harus menggunakan payment system yang diciptakan oleh platform.

Sebab, hal ini merupakan metode wajib untuk bertransaksi oleh setiap pembeli dan penjual supaya aman dari penipuan.

"Selain itu, aktifkan Two-Factor Authentication (TFA), yakni fitur yang diperuntukkan mencegah jika ada penggunaan atau penyalahgunaan data penting dari device yang tidak dikenali," ujar Bayu.

Ia meyakini bahwa transparansi adalah hal yang sangat penting untuk memastikan kepercayaan pengguna dalam berbelanja online, khususnya di Bukalapak.

Harbolnas merupakan hari di mana para pembeli mendapatkan diskon untuk produk yang diinginkan serta para pelapak atau penjual berkesempatan untuk mempromosikan barang dagangan.

512
512