YouTube: Konten Musik Berbahasa Jawa Sangat Diminati Netizen
Okezone — 7 Dec 2017 13:00

JAKARTA - Selama 2017, YouTube mengatakan bahwa video terpopuler dihiasi oleh konten musik, parodi dan hasil karya kreator konten lokal di Indonesia. Di tahun ini pula, terdapat perbedaan yang cukup unik di mana konten lokal cukup mendapatkan animo menonton masyarakat.

Video tersebut telihat telah mendapatkan total tontonan sebanyak 13.366.038 kali sejak diunggah 9 Juni 2017.

Selain itu, ada pula video "Culoboyo | Baby Shark Parody Versi Jawa #babysharkchallenge #babysharkdance" milik saluran Cak Ikin yang diunggah pada 19 September 2017. Video ini pula masuk dalam daftar 10 Video Terpopuler di YouTube 2017 (non label) dengan total tontonan 9.554.027 kali.

"Satu hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, konten musik berbahasa Jawa sangat diminati audiens YouTube di Indonesia di tahun ini, seperti video parodi 'Baby Shark' dan 'Despacito' dalam bahasa Jawa," ungkap YouTube dalam keterangan resminya, Kamis (7/12/2017).

Dua video musik berbahasa Jawa lain yang juga banyak mendapatkan perhatian pengguna YouTube adalah "Sayang" milik pedangdut Via Vallen, dan Nella Kharisma lewat lagu berjudul "Jaran goyang".

“YouTube terus berkembang pesat, baik dari jumlah kreator maupun audiens dari seluruh Indonesia. Kami senang melihat kreator dari luar Jakarta dan konten berbahasa daerah menempati daftar YouTube Rewind Indonesia tahun ini, dan kami tak sabar melihat lebih banyak lagi talenta dan karya asli Indonesia meraih sukses lewat YouTube,” ujar Putri Silalahi, Products Communications Head, Google Indonesia.

YouTube mengatakan bahwa 10 video terpopuler di Indonesia tahun ini mendapatkan peningkatan jumlah tontonan sebanyak 3 kali lipat dari tahun sebelumnya. Dari 10 video terpopuler itu, jumlah tontonannya jika total ada sebanyak 129 juta kali sementara pada 2016 lalu sebanyak 43 juta kali.

(kem)

512
512