100% Canggih Award 2017: Inilah Deretan Kamera Digital Terbaik untuk Tahun 2017
Yangcanggih — 4 Jan 2018 15:04

Sesuai prediksi, di tahun 2017 semakin banyak muncul kamera digital dengan kemampuan rekam video di resolusi tinggi hingga resolusi 4K. Ini menandakan kamera digital kini tidak hanya bisa diandalkan untuk memotret tapi juga bisa untuk membuat konten video dengan kualitas yang lebih baik.

Geliat pasar kamera saku juga sangat menarik di sepanjang tahun 2017. Kehadiran deretan kamera saku dan prosumer inovatif yang dipersenjatai kemampuan zoom lensa sangat panjang dan ukuran sensor yang semakin besar ikut menjadi primadona. Setidaknya ini bisa membuktikan kamera saku dan prosumer masih sanggup bertahan meski terus tergerus dengan smartphone yang hadir dengan kamera yang semakin canggih.

Lalu kamera digital apa saja yang berhasil mencuri perhatian di tahun 2017? Berikut deretan kamera terbaik dalam berbagai kategori yang muncul di tahun 2017.

1. Kamera Prosumer Terbaik 2017: Canon PowerShot G1 X Mark III

Selain tampil dengan wajah baru, Canon PowerShot G1 X Mark III semakin menarik karena menjadi kamera saku premium pertama Canon yang dibekali sensor APS-C. Bagian depan sensornya ini dipasang lensa dengan kemampuan zoom optical 3x yang setara dengan lensa 24-72mm.

Perlu dicatat, spesifikasi G1 X Mark III ini sama persis dengan kamera mirrorless kelas atas Canon yakni EOS M5. Singkatnya, Canon PowerShot G1 X Mark III adalah versi Canon EOS M5 dengan lensa fix. Bahkan, G1 X Mark III juga mengadopsi teknologi autofokus Dual Pixel AF EOS M5 yang mampu menyajikan kinerja autofokus cepat dan halus yang cocok untuk foto atau video.

Sebagai kamera saku premium paling canggih Canon saat ini, tidak heran Canon PowerShot G1 X Mark III layak menyandang predikat Kamera Prosumer Terbaik 2017.

2. Kamera Superzoom Terbaik 2017: Sony Cyber-Shot RX10 IV


Panasonic Lumix DMC-FZ2500 yang berhasil mencatatkan prestasi sebagai kamera superzoom terbaik di tahun 2016 lalu, nyatanya harus menyerah dengan kemunculan Sony Cyber-Shot RX10 IV.

Di tahun 2017 Sony Cyber-Shot RX10 IV sukses meraih gelar kamera Superzoom terbaik berkat semua pembaruan yang dibawanya. Selain tetap mempertahankan sensor 1 inci dan lensa zoom 24-600mm yang sangat impresif, Cyber-Shot RX10 IV berhasil menyalip pesaingnya dengan kinerja autofokus tercepat di kelasnya dan kemampuan memotret tanpa henti yang sangat cepat yakni hingga 24fps. Tidak hanya itu saja, kamera ini juga sangat mumpuni untuk merekam video lewat sederetan fitur perekaman video kelas profesional yang dimilikinya.

3. Kamera Mirrorless Pemula Terbaik 2017: Panasonic Lumix DMC-GF9


Predikat kamera mirrorless pemula terbaik kembali berhasil di raih oleh Panasonic. Di tahun 2017 ini Panasonic Lumix DMC-GF9 berhasil mengulang sukses Panasonic Lumix DMC-GF8 yang muncul di tahun 2016 lalu.

Desain mungil yang mudah di bawa kemana saja, layar sentuh yang bisa diputar untuk permudah foto selfie, dukungan ekosistem lensa yang sangat lengkap, harga yang relatif terjangkau, dan tambahan kemampuan rekam video hingga resolusi 4K adalah alasan mengapa Panasonic Lumix DMC-GF9 layak mendapat gelar kamera mirrorless pemula terbaik di tahun 2017.

4. Kamera Mirrorless Kelas Menengah Terbaik 2017: Canon EOS M6


Kembaran EOS M5 ini hadir dengan spesifikasi yang sama namun dengan desain bodi yang berbeda. EOS M6 tampil dengan wujud bodi yang lebih kecil dan hand grip lebih ergonomis. Selain itu, perbedaan paling mencolok EOS M6 tidak dilengkapi dengan jendela bidik elektronik. Sebagai gantinya Canon menyediakan aksesoris jendela bidik EVF-DSC2 yang dijual secara terpisah. Sektor layarnya juga berbeda. Untuk mempermudah selfie, Canon EOS M6 hadir dengan layar sentuh fleksibel berukuran 3 inci yang bisa dilipat keatas.

Dengan desain yang lebih baik, harga yang sangat kompetitif, andal untuk foto dan video serta didukung ekosistem lensa yang lengkap, Canon EOS M6 merupakan kamera mirrorless kelas menengah yang terbaik di tahun 2017.

5. Kamera Mirrorless Terbaik 2017: Fujifilm X-T20

X-T20 adalah versi hemat dari X-T2 yang merupakan kamera Fujifilm X-T series paling canggih di tahun 2016. Jadi Anda tidak perlu heran jika predikat kamera mirrorless terbaik 2017 ini berhasil diraih oleh X-T20.

Secara garis besar beragam fitur X-T2 bisa ditemukan di X-T20. Bedanya, X-T20 tidak hadir dengan bodi yang tahan cuaca, joystick untuk mengatur titik fokus, knop ISO dial, output Log dan opsi baterai grip. X-T20 juga semakin menarik dengan hadirnya dukungan layar sentuh LCD berukuran 3 inci, dilengkapi flash internal dan punya jendela bidik OLED yang sangat oke.

6. Kamera DSLR Pemula Terbaik 2017: Canon EOS 200D


Canon EOS 200D adalah kamera DSLR paling kecil dan ringan. Tidak hanya andal untuk memotret, EOS 200D juga bisa merekam video hingga resolusi Full HD 60p. Cocok untuk memenuhi kebutuhan foto dan video para pemula. Kamera ini semakin menarik dengan kinerja autofokusnya yang sangat cepat, punya layar sentuh fleksibel dan didukung konektivitas lengkap seperti WiFi, NFC dan Bluetooth.

Paduan bodi kecil dan ringan, fitur lengkap, serta kemampuan foto dan video yang mumpuni menjadikan EOS 200D kamera DSLR terbaik untuk kelas pemula di tahun 2017.

7. Kamera DSLR Kelas Menengah Terbaik 2017: Nikon D7500


Kemunculan Nikon D7500 cukup menarik perhatian kami. Menyandang predikat kamera DSLR kelas menengah terbaik di tahun 2017, Nikon D7500 hadir dengan sederetan fitur yang setara dengan Nikon D500, DSLR kelas atasnya yang hadir dengan sensor APS-C.

Dipersenjatai sensor APS-C tanpa filter low pass yang resolusinya 20.9 megapixel seperti Nikon D500, D7500 juga semakin memikat dengan kemampuannya memotret tanpa henti dengan kecepatan 8fps dan kemampuan rekam video hingga resolusi 4K.

Selain itu, DSLR ini juga telah dilengkapi dengan flash terintegrasi, layar sentuh fleksibel, dan membawa koneksi Wifi serta Bluetooth dengan fitur Nikon SnapBridge yang memungkinkan hasil foto bisa langsung tersimpan ke smartphone saat kamera terhubung ke smartphone.

8. Kamera DSLR Terbaik 2017: Nikon D850


Tidak hanya berhasil di segmen menengah, di tahun 2017 Nikon juga kembali membuktikan kepiawaiannya lewat Nikon D850. Lewat Nikon D850 Nikon mencoba menaikkan standar kamera DSLR ke tingkatan yang lebih tinggi. Nikon D850 diharapkan mampu menjawab kebutuhan para fotografer dan videografer kelas profesional.

Kamera ini adalah DSLR pertama Nikon yang hadir dengan sensor full frame BSI-CMOS tanpa optical low pass filter yang didukung prosesor Nikon EXPEED 5. Kemampuan videografinya juga semakin baik. Nikon D850 mampu merekam video hingga resolusi 4K UHD 30 fps dan video Full HD gerak lambat hingga 120 fps.

Selain itu, Nikon D850 juga hadir dengan sistem autofokus Multi-CAM yang menawarkan kinerja aufokus 153 titik. Nikon D850 pun semakin menarik dengan kemampuannya memotret tanpa henti hingga 30 frame per detik di resolusi 8.6 megapixel dengan mengandalkan shutter elektronik. Dengan semua kecanggihan yang ditawarkannya ini tentu saja Nikon D850 layak menyandang predikat kamera DSLR terbaik di tahun 2017.

9. Kamera Full-Frame Terbaik 2017: Sony Alpha a7R III


Semakin responsif dan tambah mumpuni untuk merekam video. a7R III semakin canggih berkat prosesor BIONZ X terbaru yang mampu memproses data 1,8 kali lebih cepat.

Imbasnya a7R III kini mampu memotret tanpa henti dengan kecepatan hingga 10 fps dengan dukungan AF/AE tracking. Pembaruan lain, kamera ini juga didukung kinerja autfokus yang lebih cepat dengan dukungan 399 titik autofokus phase detection dan 425 titik autofokus kontras, dilengkapi fitur penstabil 5 axis, dan bisa merekam video hingga resolusi 4K dengan dukungan fitur kelas profesional yang lengkap.

10. Kamera Paling Inovatif 2017: Sony Alpha a9


Di tahun lalu, Fujifilm GFX berhasil meraih prestasi sebagai kamera paling inovatif 2016 lewat sensor medium format yang diusungnya. Tahun ini giliran Sony Alpha a9 yang menyandang predikat kamera paling inovatif 2017. Ingin tahu apa saja inovasi apa saja yang dibawanya?

Sony Alpha a9 adalah kamera mirrorless full frame tercepat. Kamera ini mampu memotret dengan kecepatan hingga 20 fps. Artinya, Anda bisa menghasilkan 241 jepretan foto RAW atau 362 foto di format JPEG hanya dalam sekejap.

Seperti mirrorless full frame Sony yang lain kamera ini juga bisa diandalkan untuk merekam video hingga resolusi 4K. Sony Alpha a9 juga diklaim mampu memroses data yang masuk hingga 20x lebih cepat dibandingkan mirrorless full frame Sony sebelumnya. Bahkan, menandingi kecepatan DSLR full frame tercepat saat ini.

11. Kamera video Terbaik 2017: Panasonic Lumix GH5


Panasonic Lumix DMC-GH5 membawa sejumlah peningkatan dibandingkan GH4. Sejumlah pembaruan yang dibawanya tidak hanya untuk para fotografer saja. Tapi, kehadiran GH5 kini juga ditujukan untuk para videografer profesional.

Sejumlah fitur perekaman video kelas profesional yang sangat lengkap bisa ditemukan di kamera ini. GH5 bisa digunakan untuk merekam video 4K 60p dan video 50p UHD langsung dari sensornya tanpa crop dengan bitrate 150Mbps. Selain itu, kamera ini juga bisa merekam video 4K/30p dengan warna 10-bit 4:2:2 yang merupakan subsampling warna yang umum digunakan produksi film.

Tambahan lain, para videografer pun bisa memilih untuk merekam dalam format MOV, MP4, AVCHD Progressive atau AVCHD. Video yang direkam juga bisa tanpa batas di resolusi Full HD atau 4K, dan GHS juga datang dengan Waveform Monitor dan Vector Scope untuk para videografer profesional.

Dengan semua kecanggihan dan fitur video kelas profesional yang sangat lengkap Panasonic Lumix GH5 layak mendapat predikat kamera video terbaik tahun 2017.

12. Kamera Panorama 360 Terbaik 2017: Ricoh Theta V


Ricoh kembali berhasil mempertahankan prestasinya sebagai kamera panorama 360 terbaik. Melanjutkan sukses Ricoh Theta SC di tahun 2016, giliran Ricoh Theta V yang menjadi kamera panorama 360 terbaik 2017.

Theta V kini semakin mumpuni untuk merekam video dan memotret 360 berkat diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 625. Theta V mampu merekam video 4K dan foto 14 megapixel 360 derajat dari data yang dikumpulkan dua sensor 12 megapixel miliknya.

Menariknya lagi, Theta V juga didukung mikrofon omni-directional untuk merekam suara dari berbagai arah. Ricoh juga menyediakan aksesori mikrofon 3D untuk suara 360 derajat. Aksesori lain adalah case bawah air yang membuat Theta V dapat menyelam hingga 30 meter.

Selain itu Ricoh Theta V kini juga dilengkapi koneksi Wi-Fi 802.11ac untuk transfer gambar lebih cepat dan koneksi Bluetooth untuk terhubung ke smartphone dan tablet. Memori internal juga ditingkatkan, dengan kapasitas data 19GB yang dapat menampung hingga 4800 foto dan video berdurasi 40 menit.

13. Kamera aksi Terbaik 2017: Go Pro Hero 6


Meski hadir dengan desain yang mirip Go Pro Hero 5, Hero 6 nyatanya membawa sejumlah pembaruan. Satu peningkatan yang disambut gembira oleh penggunanya adalah kemampuan merekam video 4K 60fps (frame per detik) dan video Full HD 1080p 240fps. Untuk dua resolusi baru tersebut, GoPro Hero6 Black akan menggunakan format file H.265 HEVC yang memiliki ukuran file lebih kecil.

Kualitas video pada kondisi minim cahaya serta dynamic range juga ditingkatkan. Penyetabil gambar juga lebih baik, dengan adanya fitur 3-axis image correction yang dapat mengurangi efek guncangan tangan saat pengguna bergerak. Peningkatan lain meliputi layar sentuh 2 inci yang lebih responsif, opsi perintah suara yang lebih lengkap, kecepatan transfer file via Wi-Fi yang lebih cepat, serta dukungan zoom melalui layar sentuh.

Dengan bodi kecil yang tangguh dan fitur yang tidak akan ditemukan di kamera aksi lain sekelasnya, Go Pro Hero 6 adalah kamera aksi yang terbaik untuk tahun 2017.

512
512