Mengenal Program Android Go Besutan Google
Selular — 7 Jan 2018 14:13

pengertian android go, android go indonesia

Jakarta,Selular.ID – Setelah sukses dengan sistem operasi Android, kini sang raksasa internet Google kembali mengembangkan update untuk Android Oreo terbaru. Android Go, yang sudah resmi diluncurkan awal Bulan Desember 2017 lalu.

Perdana rilis, Android Go sudah menggunakan framework dari Android Oreo, yang merupakan penerus dari versi sebelumnya. Selain itu, program Android Go juga merupakan penerus dari Android One.

Menurut Sameer Samat, VP Product Management Android, Android Go merupakan sebuah update (dari Android Oreo) untuk membantu vendor ponsel membangun ekosistem Android yang terjangkau.

Dengan adanya Android Go, vendor ponsel dapat membuat smartphone dengan spesifikasi yang rendah, bahkan dengan RAM 1 GB sekalipun. Program ini menyasar para konsumen low-end agar dapat mencicipi ponsel pintar tanpa mengeluarkan biaya besar.

Walaupun diperuntukan untuk ponsel dengan spesfikasi rendah, Android Go mampu mendukung komponen ponsel yang memiliki memori internal terbatas, sekitar 1GB dan diatas 512MB.

Selain mampu menjalankan ponsel dengan spek terbatas, Android Go juga sudah mendukung aplikasi-aplikasi yang memiliki kapasitas sekitar 10MB ke atas. Aplikasi yang terinstal di Android Go merupakan aplikasi lite, atau tidak memakan internal memori yang besar.

Aplikasi-aplikasi lite tersebut diantara lain YouTube Go, Facebook Lite, dan Twitter Lite. Bahkan, dukungan browser pada Android Go sudah diterapkan fitur Data Saver yang memungkinkan pengguna dapat berselancar di internet tapi tidak mengonsumsi data secara boros.

Secara garis besar, Android Go merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google agar dapat berjalan di perangkat yang memiliki spesifikasi rendah. Aplikasinya pun dapat berjalan secara optimal.

512
512