Menerawang Internet of Things di 2018
Okezone — 13 Jan 2018 12:01

JAKARTA - Internet of Things merupakan tren yang tengah berkembang di era digital saat ini. Pertumbuhan IoT cukup menunjukkan popularitas yang cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir Hackernoon, IoT mentransformasi industri dan membawanya ke tingkat baru. Industri ini meliputi layanan kesehatan, finansial, dan lainnya. IoT juga membawa pengaruh bagi perkembangan teknologi, baik kemunculan perangkat mobile maupun dari software yang terus ditingkatkan.


Ekspansi Sejumlah Perangkat

IoT tentang semua perangkat terhubung yang bekerja bersama. Tahun depan, diharapkan ada lebih banyak perangkat terhubung yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Tidak hanya tentang ponsel mobile dan laptop, tetapi juga muncul perangkat-perangkat pintar yang biasa dipakai sehari-hari. Perangkat tersebut seperti pintu pintar, smart locks dan lain-lain.

IoT juga diharapkan tersedia tidak hanya dipakai oleh kalangan industri, tetapi juga penggunaan personal pada pemakaian harian. Ini mengarah pada konsep kota pintar, di mana semua proses akan didukung oleh IoT.

Tingginya Penggunaan Perangkat Mobile

Untuk terhubung dengan perangkat pintar, pengguna harus memiliki perangkat untuk mengatur rumah pintar dan sebagainya. Oleh karena sejumlah pengguna mobile di dunia akan terus tumbuh dan semakin besar, maka diprediksi bahwa smartphone akan memiliki peran besar dalam IoT di masa depan.

Platform Pemasaran yang Dipersonalisasi

Pihak pemasar mendapatkan manfaat karena akses informasi personal pengguna dan himpunan data yang besar. Dengan demikian, pemasar bisa lebih mampu menempatkan iklan secara lebih personal untuk pengguna, baik melalui ponsel mobile atau platform lainnya berdasarkan perilaku pengguna dan profil.

Pendekatan ini akan mentransformasi hubungan antara pengguna dan pemilik produk, di mana perhatian ditekankan pada kebutuhan pengguna dan kalangan bisnis.

Teknologi Keamanan

Dengan adanya perangkat terhubung dan IoT, maka akan mengarahkan pada sistem keamanan yang menjadi perhatian penting. Sebab, serangan siber bisa saja terjadi dalam waktu yang lebih sering dan semakin menimbulkan dampak buruk.

Jadi, sebelum menerapkan semua inovasi yang direncanakan dalam kehidupan nyata, pertama-tama manusia perlu mempertimbangkan kemungkinan pelanggaran serta kerentanan keamanan dan memastikan bahwa data 100 persen aman.

Big Data dan AI

Berbicara mengenai data, adanya lebih banyak perangkat pintar dan penggunaan IoT, maka pemrosesan data juga akan tumbuh. Alhasil, manusia perlu bekerja dengan Big Data dan perlu memikirkan sumber daya yang memungkinkan pengguna untuk memproses dan menganalisisnya dengan benar.

Di sini pembelajaran mesin akan sangat berguna karena teknologi ini akan memungkinkan manusia mendapatkan hasil yang lebih tepat dibandingkan dengan penghitungan yang dilakukan oleh tenaga kerja.

Sebelumnya

1 / 5

Selanjutnya


512
512