4 Cara Transfer Foto di iPhone, iPad ke Komputer Mac
MakeMac — 10 Feb 2018 11:03

By Bagus Hernawan

Posted on 10 February 2018

 Photo by Pexels1


Photo by Pexels

Punya foto atau gambar menarik yang kamu simpan di perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch lalu ingin dipindah ke komputer Mac? Bagaimana cara paling mudah untuk transfer foto atau video dari perangkat iOS ke komputer Mac? Tim MakeMac punya 4 pilihan cara yang dapat kamu gunakan, simak langsung ya!

4 Cara Transfer Foto di iPhone, iPad ke Komputer Mac1. Menggunakan Aplikasi Image Capture

Aplikasi bawaan macOS ini berguna untuk mendeteksi perangkat iPhone, kamera digital atau kartu memori yang kamu gunakan untuk menyimpan data foto serta video. Kelebihan utama dari Image Capture adalah tersedia sebagai aplikasi bawaan di komputer Mac dan sangat ringan.

Cara menggunakan Image Capture untuk memindahkan foto dari iOS ke komputer Mac:

  1. Buka Image Capture, cari di folder Application atau gunakan Spotlight.
  2. Hubungkan perangkat iOS ke komputer Mac dengan kabel data.
  3. Di Image Capture, tekan perangkat iOS di bagian Devices pada bagian kanan atas layar.
  4. Pilih foto atau video yang ingin kamu simpan.
  5. Di bagian Import To, pilih folder yang akan digunakan untuk menyimpan foto. Aktifkan tombol Delete after import jika diperlukan. Tekan tombol Import atau Import All sesuai kebutuhan.

Sebagai tips tambahan, kamu juga dapat menggunakan mode drag and drop dari foto terpilih di Image Capture ke Finder atau Desktop di Mac agar lebih cepat.

2. Menggunakan Aplikasi Photos

Tidak jauh berbeda dengan Image Capture, Photos juga hadir sebagai aplikasi bawaan di Mac. Tampilannya juga bisa dibilang mirip, namun lebih lengkap karena ada mode Album dan lain sebagainya. Kelebihan di Photos jika dibandingkan Image Capture adalah mode album yang bisa langsung kamu gunakan untuk sortir foto yang ditransfer dalam kelompok yang diperlukan.

Cara menggunakan Photos untuk memindahkan foto dari iOS ke komputer Mac:

  1. Buka aplikasi Photos, cari di Application atau Dock komputer Mac.
  2. Hubungkan perangkat iOS ke komputer Mac dengan kabel data. Pilih perangkat tersebut di aplikasi Photos.
  3. Pilih foto atau video yang ingin kamu transfer ke komputer Mac.
  4. Di bagian kanan atas, tekan tombol Import Selected atau Import New untuk menyimpan semua foto dari perangkat iOS ke Photos.

Baca Juga:

3. Menggunakan Fitur My Photo Stream

My Photo Stream dapat kamu gunakan untuk melihat foto terbaru yang kamu ambil di perangkat iPhone,iPad dan iPod Touch atau unduh di Mac dan komputer. Fitur ini bekerja dalam satu akun iCloud dan hanya berlaku untuk menyimpan dokumen foto dalam umur 30 hari.

Cara menggunakan My Photo Stream di iOS dan macOS.

  1. Pada perangkat iOS, masuk ke Settings – Photos – Upload to My Photo Stream – ON.
  2. Pada komputer Mac, buka aplikasi Photos. Masuk ke Photos – Preferences – iCloud. Aktifkan tanda centang di My Photo Stream. Tutup pengaturan.
  3. Kembali ke tampilan utama Photos di komputer Mac, masuk ke tab Album lalu pilih My Photo Stream.

Tips bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan My Photo Stream di Photos for Mac, coba matikan dan aktifkan fitur ini beberapa kali jika foto terbaru dari perangkat iOS tidak juga tampil. Panduan lengkap untuk fitur My Photo Stream dapat kamu simak di laman Apple Support ya!

4. Menggunakan AirDrop

Jika kamu menggunakan perangkat iOS dan macOS dan sering memerlukan cara termudah untuk transfer foto, video atau dokumen lainnya, silakan gunakan AirDrop. Fitur ini bekerja dalam jaringan nirkabel lokal (Wi-Fi di rumah misalnya) untuk melakukan transfer data dengan pengaturan yang mudah dan singkat.

Kamu hanya perlu memastikan 2 perangkat tersebut ada di jaringan Wi-Fi yang sama dan komputer Mac mendukung fitur AirDrop dari dan ke perangkat iOS. Yaitu komputer Mac buatan tahun 2012 atau yang lebih baru lagi. Panduan lengkap untuk fitur AirDrop tersedia di laman Apple Support, lengkap dengan daftar perangkat Mac yang mendukung dan beberpa hal lain.

Cara Favorit?

Dari 4 cara di atas, mana yang paling sering kamu gunakan? Apakah AirDrop, Image Sharing atau mungkin My Photo Stream dan aplikasi Photos? Punya cara lain yang bisa saya tambahkan untuk melengkapi artikel ini dalam hal transfer foto dari iOS ke macOS? Bagikan di kolom komentar ya!

Source:

AirDrop, iOS, macOS, Photo & Video

512
512