Gmail Go: Lebih Ringan untuk Perangkat dengan RAM di Bawah 1 GB
Yangcanggih — 19 Feb 2018 10:00

Google baru-baru ini meluncurkan versi yang berbeda dari aplikasi email andalannya. Disebut Gmail Go, aplikasi tersebut diklaim jauh lebih ringan untuk berjalan di smartphone kelas entry-level.

Cocok untuk perangkat dengan RAM 1 GB

Kehadiran Gmail Go bisa dibilang merupakan lanjutan dari sederet aplikasi ringan garapan Google sebelumnya, yakni YouTube Go dan Gboard Go. Tujuannya sama, untuk memuudahkan pengguna dengan smartphone kelas bawah.

Gmail Go didesain untuk tidak banyak memakan memori. Perangkat dengan spesifikasi rendah, bahkan dengan RAM kurang dari 1 GB, bisa menjalankan aplikasi ini dengan lancar.

Selain itu, Gmail Go juga cocok untuk pengguna yang memiliki koneksi internet lambat dan minim kuota. Setiap gambar yang masuk lewat email tidak akan otomatis ditampilkan untuk menghemat konsumsi data.

Fitur tetap lengkap

Dikutip dari The Verge, Senin (19/2), meski dirancang untuk lebih ringan, Gmail Go tetap mendukung penggunaan beberapa akun email sekaligus. Fitur lain seperti menyaring email yang sifatnya spam, memprioritaskan email dari teman dan keluarga, bahkan cloud storage sebesar 15 GB tetap tersedia.

Gmail Go sudah dirilis dan bisa diunduh secara gratis lewat Google Play Store. Sayangnya untuk saat ini masih terbatas untuk pengguna tertentu saja. Di Indonesia sendiri Gmail Go belum tersedia, setidaknya hingga artikel ini dibuat.

512
512