Ponsel Android Go Siap Meluncur di MWC 2018
Okezone — 24 Feb 2018 12:12

MOUNTAIN VIEW Android Go menjadi upaya Google untuk menyediakan sistem operasi bagi pengguna smartphone low-end. Meski telah diumumkan tahun lalu, ponsel yang berjalan dengan Android Go belum tersedia hingga saat ini.

Kabar baiknya, Google kini mengumumkan bahwa perangkat pertama yang berjalan dengan Android Go akan diperkenalkan dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018. Artiya perangkat tersebut akan segera menampakkan wujudnya ke publik.


“Mulai minggu depan, Anda akan melihat ponsel pertama Android Oreo (Go edition), dan akan segera tersedia untuk Anda miliki,” kata Google melalui posting-an di blog.

Ponsel Android Go akan berjalan dengan sistem operasi yang dirancang lebih sederhana. Ponsel itu juga hanya memiliki RAM 512MB atau 1GB.

Selang beberapa bulan setelah dirilis pada Mei 2017, Android Go telah tersedia untuk produsen ponsel dan para developer. Dengan siapnya pernyataan Google yang menunjukkan ponsel Android Go akan segera dirilis, ponsel dan sistem operasi yang sederhana itu akan juga dinikmati oleh end-user.

Tak hanya menggunakan sistem operasi Android Go (Oreo), ponsel itu juga difasilitasi dengan aplikasi Google edisi Go. Berbagai aplikasi Google juga dirancang untuk mendukung ponsel Android Go seperti YouTube Go, Gmail Go, hingga Maps Go.

Deretan aplikasi tersebut dirancang memangkas lebih sedikit memori pada ponsel, sehingga tetap bisa berjalan lancar meski menggunakan ponsel low-end termasuk ponsel Android Go. Demikian seperti dilansir The Verge, Sabtu (24/2/2018). (lnm).

(kem)

512
512