Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang hingga Rp683 juta
Okezone — 24 Feb 2018 15:04

JAKARTA – Sebuah surat lamaran pekerjaan telah sedikit menguak kehidupan pendiri Apple – Steve Jobs saat masih remaja. Sebagaimana diketahui, Jobs merupakan orang yang berhasil mendirikan dan mengembangkan Apple hingga dirinya menutup usia.

Kini surat lamaran kerja Steve Jobs itupun akan dilelang pada 8 Maret di RR Auction di Boston, Amerika Serikat (AS). Surat yang hanya dimuat dalam satu lembar kertas itu berisikan tulisan tangan Jobs.

Surat itu akan dilelang dan diperkirakan akan terjual USD50.000 atau sekira Rp683 juta. Dokumen itu menawarkan gambaran hiruk pikuk kehidupan Jobs, tak lama setelah lulus dari perguruan tinggi dan ambisinya memasuki industri teknologi.

Dokumen itu juga menunjukkan keinginan Jobs untuk bekerja sebagai engineer teknologi atau desain elektronik yang tertera pada 1973. Lamaran pekerjaan Jobs itu pun mencantumkan nama lengkap, alamat, serta kepemilikan SIM.

Dalam keterangan keahliannya, Jobs mencantumkan skill komputer, kalkulator serta desain teknologi. Kemampuan khusus Jobs yang dituliskannya yakni design engineer.

Steve Jobs sendiri lahir pada 24 Februari 1955 sebagai keturunan Arab Suriah dan Amerika. Namun ia diadopsi oleh Paul dan Clara Jobs yang kemudian membawanya pindah ke California.

Jobs menempuh studi di Cupertino, California utara, kemudian belajar di Reed College di Portland, Oregon/ Sayangnya ia keluar dan hanya menempuh pendidikan selama satu semester.

Steve Jobs kemudian menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengaudit kursus Shakespeare, tari dan kaligrafi. Dalam sebuah pidato di Stanford University pada tahun 2005, Jobs mengenang.

“Jika saya tidak pernah kursus kaligrafi di perguruan tinggi, Mac tidak akan pernah memiliki banyak tipografi atau font dengan jarak yang proporsional,” katanya.

Pekerjaan teknis pertama diperoleh Jobs pada 1974 sebagai teknisi di Atari, bersama dengan Steve Wozniak. Pada 1976 kemudian keduanya mendirikan Apple. Demikian seperti dilansir Telegraph, Sabtu (24/2/2018). (lnm).

(kem)

512
512