Ralali.com Bantu Pebisnis Yogyakarta Untuk Manfaatkan Teknologi Digital 
Selular — 28 Feb 2018 07:54

Jakarta,Selular.ID- Sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kapasitas perdagangan lewat shifting model bisnis dari konvensional ke digital, Ralali.com e-commerce B2B, terus menginisiasi lebih banyak pengusaha untuk memanfaatkan teknologi digital.

Hal itu diungkapkan, Ranu Prasetyo, Marketing Communications Manager Ralali.com, dikatakan dia, untuk memberikan kemudahan bagi pengusaha dalam mengakses bisnisnya untuk pertumbuhan ekonomi daerah, Ralali.com, menyadari perannya dalam mengedukasi penggunaan teknologi bagi kemajuan pengusaha di berbagai daerah, termasuk di Yogyakarta.

“Ralali sangat bersemangat untuk membantu Mitra dan Sahabat Ralali. untuk memasuki ceruk bisnis online,” ujar Ranu.

Dikatakan dia, di era serba digital ini, penggunaan internet tidak hanya berpusat di kota-kota Metropolitan seperti Jakarta dan sekitarnya. Ranu menyebutkan, bahwa Yogyakarta tersohor sebagai kota pelajar dan kota wisata, saat ini berkembang pesat dalam industri horeca.

Hal ini terlihat dari menjamurnya bisnis restauran dan kedai kopi. Inilah yang mendorong Ralali untuk membantu memudahkan para pebisnis F&B di Yogyakarta untuk mencari kebutuhan bisnisnya di marketplace.

Sementara Marsela Citra, Public Relations of Ralali.com menjelaskan bahwa sudah waktunya bagi pebisnis lokal di Indonesia untuk memanfaatkan channel digital mencari barang lewat Ralali.

Dikatakan Marsela, hal itu untuk membantu dalam hal menemukan kebutuhan yang sesuai, proses pembayaran yang aman, serta pengiriman barang hingga ke pelosok negeri.

Sebagai bentuk komitmen untuk memudahkan dalam pencarian barang kebutuhan bisnis, Ralali menyediakan fitur Business Collection, dimana pengunjung dapat mencari barang yang mereka cari berdasarkan kategori bisnisnya.

Dikatakan Marsela, mencari kebutuhan bisnis berbeda dengan kebutuhan pribadi. Lewat fitur Business Collection ini, pemilik kafe dapat langsung memberi piring, gelas, kursi, hingga bahan masakan dengan cara yang sangat mudah.

“Karena kami sudah mengelompokkannya dalam satu halaman,” kata Marsela.

Marsela juga menyebutkan, munculnya berbagai kedai kopi dan kafe di lokasi-lokasi strategis di Yogyakarta merupakan bukti pesatnya perkembangan sektor pariwisata dan edukasi yang menjadi dua pilar utama pendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Ralali optimis bahwa kedepannya industri horeca di Yogyakarta dapat terus tumbuh ke arah yang positif.

Marsela menambahkan, bahwa Ralali akan melakukan berbagai strategi sebagai upaya untuk mempermudah pebisnis di Yogyakarta dalam memahami pasar digital, antara lain dengan memberikan pelatihan dan workshop.

“Menyediakan channel baru untuk mengembangkan bisnis merupakan upaya Ralali untuk membantu pertumbuhan UKM di Yogyakarta.

Dengan kehadiran Ralali diharapkan pebisnis kedai kopi lokal mampu mengembangkan bisnisnya dan ikut meramaikan industri F&B yang selama ini diisi oleh pengusaha asing,” pungkas Marsela.

Sebagai informasi, di bulan Februari saja, Ralali menggelar dua workshop besar yakni Coffee Journey dan workshop teknologi. Coffee Journey sendiri merupakan rangkaian workshop yang bertujuan untuk mengedukasi mereka yang antusias pada bisnis kedai kopi.

Sedangkan pada workshop teknologi bertajuk “Home Automation” diselenggarakan Ralali.com berkolaborasi dengan Elins FMIPA UGM untuk melahirkan wirausahawan muda yang melek teknologi digital.

512
512