5 Layanan Pembuat Aplikasi Mobile Tanpa Perlu Bisa Coding
Techinasia — 1 Mar 2018 12:00

Bermodalkan dana cukup, saat ini siapa pun bisa mengembangkan aplikasi mobile dengan memanfaatkan jasa outsource yang berjumlah banyak. Cara ini umumnya dilakukan perusahaan besar yang ingin melebarkan produk ke ranah digital, namun tidak menutup kemungkinan dilakukan juga oleh penggiat startup teknologi yang ingin segera memiliki produk.

Bila kamu tidak memiliki dana memadai, penggunaan beberapa layanan App Builder berikut bisa membantumu membuat aplikasi mobile. Kamu bahkan tidak perlu memahami bahasa pemrograman alias coding.

Setidaknya dengan memanfaatkan kesekian layanan ini, kamu dapat mengembangkan sebuah minimum viable product yang layak untuk mulai “dijual” ke pasar. Semoga bermanfaat.

Appy Pie

Appy Pie merupakan tool yang memungkinkan kamu mengembangkan aplikasi mobile tanpa memerlukan keterampilan bahasa pemrograman yang rumit. Cukup melakukan drag and drop di atas template yang telah disediakan, kamu bisa membuat beragam jenis aplikasi mobile, mulai dari game, marketplace, hingga layanan on-demand.

Meski bisa digunakan secara gratis, Appy Pie baru benar-benar berguna bila kamu memutuskan untuk menjadi pelanggan mereka dengan biaya abonemen yang bervariasi. Layanan ini menawarkan fitur premium seperti penggunaan notifikasi push untuk membantu promosi aplikasi buatanmu, atau memanfaatkan fitur geotagging.

Situs Resmi: Appy Pie, mulai dari US$15 (sekitar Rp207.000) per bulan

Bobile

Bobile menawarkan kemudahan bagi para pelaku bisnis yang ingin membuat aplikasi secara mudah dan personal. Sedikit mirip dengan Appy Pie, pengguna dapat membangun aplikasi mereka cukup hanya melakukan drag and drop di atas template yang telah disediakan.

Ada beberapa template umum yang bisa kamu temukan di layanan ini, mulai dari aplikasi pemesanan jasa, e-commerce pribadi, aplikasi menu restoran, dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan berbagai fitur tambahan, seperti fungsi Live Chat, Push Messages, dan Loyalty Program, dengan berlangganan paket bisnisnya.

Situs Resmi: Bobile, mulai dari US$10 (sekitar Rp138.000) per bulan

AppsMoment

AppsMoment bisa diperumpamakan sebagai blognya aplikasi mobile. Kamu dapat membuat beragam jenis aplikasi Android dengan memilih berbagai macam template yang disesuaikan dengan kategori masing-masing fungsinya.

Di sini kamu bisa menciptakan dengan melihat contoh yang sudah ada, kemudian mengubah labelnya agar sesuai merek produkmu, bahkan memublikasikannya lewat AppsMoment. Yang menarik, mereka juga menyediakan jalur bagi pihak reseller jasa pembuatan aplikasi mobile dengan tambahan fungsi tambahan lainnya yang cukup beragam.

Situs Resmi: AppsMoment, mulai dari US$49 (sekitar Rp675.000) per tahun

Andromo

Andromo | Screenshot

Apabila layanan lainnya mengusung konsep drag and drop dalam proses pembuatan aplikasinya, Andromo justru memintamu untuk mengisi sejumlah detail yang kamu mau ke dalam formulir khusus yang telah disediakan.

Cara tadi berdampak pada desain akhir yang kamu peroleh di Andromo. Meski template yang dihadirkan terlihat begitu generik, namun setidaknya aplikasi buatanmu selesai.

Berikutnya kamu bisa memilih beberapa pilihan layanan berlangganan dari Andromo untuk memperbagus aplikasi yang kamu buat. Penambahan fitur yang bisa kamu dapatkan mulai dari menghilangkan iklan dan watermark, menambahkan fitur monetisasi, dan sebagainya.

Situs Resmi: Andromo, mulai dari US$8 (sekitar Rp110.000) per bulan

Bubble

Bubble App | Screenshot

Dari sekian nama lainnya yang terdapat dalam daftar ini, Bubble bisa dibilang merupakan layanan pembuatan aplikasi tanpa coding yang cukup rumit. Layanan ini sepenuhnya mengandalkan Visual Framework sehingga memerlukan pendalaman tersendiri untuk bisa dikuasai.

Jika kamu telah melalui proses belajar ini dengan baik, proses pembuatan aplikasi yang ditawarkan Bubble sebenarnya jauh lebih dinamis dibandingkan memakai template. Kamu bisa lebih bebas berkreasi menggunakan elemen yang disediakan.

read also

BACA JUGA

Manfaatkan sederet layanan ini untuk membuat game tanpa perlu bisa coding

Bila berlangganan paket yang tersedia, Bubble memungkinkan kamu (dan anggota tim yang menjadi kolaborator) untuk memodifikasi aplikasi sedemikian rupa agar jadi lebih baik lagi. Dengan konsep “pay as you scale” yang mereka tawarkan, Bubble tampaknya cocok bagi kamu yang ingin memulai startup dengan ide yang potensial untuk terus dikembangkan.

Situs Resmi: Bubble, mulai dari US$14 (sekitar Rp193.000) per bulan

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

512
512