Buat Amal, Zuckerberg Jual Saham Facebook Rp 6,8 Triliun
Detik — 2 Mar 2018 11:35

- Demi mendanai organisasi nirlaba miliknya yang bergerak di bidang amal, Mark Zuckerberg rela menjual saham Facebook yang nilainya mencapai triliunan rupiah.

Sepanjang Februari lalu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg, telah menjual saham perusahaaannya tersebut dengan total nilai hampir USD 500 juta atau di kisaran Rp 6,8 triliun.

Hal tersebut dilakukannya sebagai usaha untuk mendanai organisasi filantropi bernama Chan Zuckerberg Initiative (CZI), yang dijalankannya bersama sang istri, yaitu Priscilla Chan.

"Penjualan tersebut merupakan langkah lanjutan dari ucapan Mark pada September lalu untuk mendanai proyek dari Chan Zuckerberg Initiative di bidang sains, pendidikan, serta isu seputar keadilan," ujar juru bicara CZI.

Berdasarkan sebuah laporan, Zuckerberg diketahui telah menjual 685.000 lembar saham yang bernilai USD 125,4 juta sepanjang tiga hari terakhir di Februari.

Jika ditotal, maka ia sudah menjual sebanyak 2,7 juta bagian saham sepanjang bulan tersebut, dengan nilai tak kurang dari USD 482,2 juta (Rp 6,6 triliun), seperti

lansir dari Reuters, Jumat (2/3/2018).

"Pendanaan ini akan mendukung beragam kegiatan dan operasional CZI dalam beberapa tahun mendatang," kata juru bicara CZI.

Sebelumnya, Zuckerberg memang berencana akan menjual 35-75 juta saham Facebook dalam kurun waktu 18 bulan, terhitung dari saat ia mengucapkannya pada September 2017.

Dengan nilai saham Facebook yang saat ini berada di angka USD 175, berdasarkan data dari Google Finance, maka total penjualan tersebut ditaksir akan mencapai USD 13,1 miliar.

Lebih jauh lagi, Zuckerberg pun sempat mengaku bahwa dirinya akan mendonasikan secara bertahap 99% dari saham Facebook yang dimilikinya kepada CZI saat inisiatif tersebut dibentuk pada 1 Desember 2015 silam.

Sedangkan sepanjang 2016 dan 2017 lalu, ia telah menjual saham perusahaannya sekitar USD 1,6 miliar untuk keperluan yang sama.

512
512