Lepas Landas Pesawat Terbang Gunakan Prinsip Bernoulli, Seperti Apa?
Okezone — 9 Mar 2018 06:03

JAKARTA - Pesawat terbang mengandalkan mesin jet yang memungkinkan melaju sangat cepat. Ketika melesat cepat, maka sayap yang didesain sedemikian rupa mengambil manfaat dari prinsip Bernoulli.

Dalam buku 'Sains berbasis Alquran' karangan Ridwan Abdullah Sani dijelaskan, teknologi yang dikembangkan pada saat ini ternyata telah dideskripsikan dalam Alquran. Salah satu teknologi modern yang diceritakan dalam Alquran ialah pemanfaatan udara bergerak atau angin untuk menggerakan kendaraan, yakni pesawat terbang.

Kondisi ini mengubah arah angin seperti yang dilakukan oleh Nabi Sulaiman. Sebelum ilmu pengetahuan atau penelitian modern menjelaskan hal ini, Alquran sekira 14 abad lalu telah mengungkap terkait dengan prinsip Bernoulli tersebut ketika menceritakan tentang Nabi Sulaiman.

"Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berhembus dengan perintahnya ke negeri yang kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu," Surah Al-Anbiya Ayat 81.

Agar bisa terbang, pesawat mengandalkan prinsip Bernoulli. Menurut prinsip Bernoulli, sebuah benda yang dipengaruhi oleh udara bergerak yang berbeda kecepatannya pada kedua sisinya, maka benda akan terdorong oleh udara ke sisi yang memiliki kecepatan lebih besar.

Pesawat terbang mengandalkan udara atau angin yang sangat kencang. Pesawat melaju cepat sebelum lepas landas guna mengangkat sayap pesawat terbang seperti dijelaskan dalam prinsip Bernoulli.

Sayap pesawat dibuat sedemikian rupa untuk memanfaatkan prinsip Bernoulli. Bagian atas sayap dibuat melengkung, sedangkan bagian bawahnya lebih rata. Konstruksi tersebut dimaksudkan agar udara di bagian atas sayap bergerak lebih cepat daripada di bagian bawah sayap.

(ahl)

512
512