Demi Lindungi Data Warganya, Perancis Bikin WhatsApp Sendiri
Telsetnews — 14:10

Telset.id, Jakarta – Bermaksud untuk melindungi data warganya, pemerintah Perancis dilaporkan tengah mengembangkan kloningan WhatsApp dengan kemampuan yang tak jauh beda dari layanan messaging milik Facebook itu.

Dilansir dari The Tech News, Perancis tak ingin kasus seperti yang terjadi di Facebook juga melanda pengguna WhatsApp, khususnya warga negaranya. Itu sebabnya, WhatsApp buatan Perancis bakal memiliki sistem enkripsi canggih yang mampu menjaga data penggunanya aman dari kejadian yang tak diinginkan.

Agar data pengguna tak dibobol, pusat data dari aplikasi yang dibuat oleh perusahaan keamanan asal Perancis, Thales tersebut akan berada di Prancis. Dengan begitu, keamanan serta pengawasannya benar-benar terjamin.

Juru bicara pemerintah Prancis mengatakan, aplikasi tersebut sudah di-install di beberapa smartphone. Bahkan sekitar 20 pejabat penting Perancis pun sedang menguji kemampuan serta efektivitas aplikasi pesaing WhatsApp tersebut.

“Anda harus mulai berpikir tentang potensi penyalahgunaan data. Kami memilih mengambil langkah cepat dengan melakukan hal ini,” ujar sang juru bicara.

Sebenarnya, bukan hanya Prancis saja yang khawatir terhadap aplikasi pesan terenkripsi. Rusia bahkan sudah bersikap tegas dengan memblokir aplikasi pesan terenkripsi seperti Telegram. (SN/FHP)

512
512