Review Filmborn: Jepret, Edit dan Belajar Efek Film
MakeMac — 20 Apr 2018 16:04

By Bagus Hernawan

Posted on 20 April 2018

Filmborn adalah salah satu aplikasi edit foto yang baru saya coba selama beberapa hari ini. Ada sejumlah hal menarik yang dapat kamu temukan di karya popular milik Mastin Labs ini. Sebagai gambaran umum, tim Filmborn ingin mengajak kamu nostalgia dengan kamera film dan beberapa tone warna popular di jamannya. Kemudahan mode jepret namun pengaturan tetap lengkap juga menjadi beberapa kelebihan menariknya. Yuk simak review Filmborn dari tim MakeMac!

Fitur Dasar Filmborn dan Detail Terbaik

Fitur dasar di Filmborn adalah jepret kamera dan juga mode edit foto. Tidak ada mode rekam video atau Time Lapse misalnya. Semua yang ada di Filmborn fokus pada mode jepret dan juga edit foto dengan filter film digital.

Detail terbaik dari Filmborn adalah antarmuka yang rapi dan menggunakan warna putih, hitam dan coklat keemasan. Kamu akan menemukan banyak tombol dan teks dengan warna tersebut di sepanjang penggunaan Filmborn. Baik di mode jepret, edit gambar atau akses bagian pengaturan.

Mode Jepret di Filmborn

Masuk ke mode jepret atau mengambil gambar, Filmborn punya beberapa pengaturan yang bisa kamu lakukan. Mulai dari Grid, mode pemantau kemiringan, Flash, Manual Focus dan juga deteksi Over Exposure. Bagian menarik dari Filmborn adalah pengaturan Camera Kits tambahan yang bisa kamu lakukan dan juga tambahkan Filter pada mode jepret secara langsung.

Mode Camera Kit dapat kamu beri nama secara manual sesuai kebutuhan ya. Misalkan ketika kamu ingin mengambil foto hitam putih dan beberapa pengaturan manual, simpan saja dengan Camera Kits bernama Street BW misalkan. Sehingga setiap membutuhkan mode tersebut, tinggal pasang ke Camera Kits saat dibutuhkan.

Edit Foto Mudah dan Ringan

Tidak seperti VSCO atau Snapseed yang dipenuhi fitur edit foto dengan angka ukuran positif atau negatif, di Filmborn hanya ada slider ke kanan dan kiri saja. Bagian ini berlaku untuk edit Exposure, White Balance dan juga Tint. Ya, hanya 3 itu saja yang dapat kamu olah menggunakan Filmborn.

Lanjut untuk Filter, Filmborn mengggunakan 9 filter gratis yang bisa kamu gunakan di setiap foto secara bebas. Menariknya lagi adalah kamu bisa melihat tips dan trik untuk menggunakan setiap filter di Filmborn dengan cara tekan dan tahan di salah satunya. Penjelasan panjang dan lengkap serta contoh foto yang menggunakan simulasi filter film ini juga bisa kamu amati secara langsung. Bagian ini bisa dibilang adalah kelebihan Filmborn daripada aplikasi lain yaitu memberikan edukasi untuk membantu kamu memilih filter yang tepat.

Baca Juga:

Batch Editing dengan Cepat

Batch Editing atau edit foto secara masal juga bisa kamu lakukan di Filmborn dengan mudah. Pertama silakan lakukan mode edit di foto pertama lalu simpan. Kemudian cek di bagian pilih foto lalu tekan foto tersebut untuk masuk mode Edit Copied.

Setelah itu tekan sejumlah foto lain yang ingin mendapatkan efek filter serupa dan akhiri dengan tekan + tahan salah satu fotonya. Selesai, Filmborn akan memberikan efek yang sama untuk semua foto tersebut alias Batch Editing. Penjelasan lengkap untuk mode ini bisa kamu temukan di bagian pengaturan Filmborn beserta beberapa fitur lainnya.

Tambah Fitur dengan IAP

Sudah jatuh cinta dengan Filmborn dan ingin mencoba beragam fitur tambahan? Silakan beli in-app purchase (IAP) dari Filmborn ya! Ada mode edit dengan sistem Curves, Camera Kits dan fitur Rangefinder untuk mendapatkan hasil foto yang lebih unik dan tetap mudah.

Dari pengalaman saya menggunakan Filmborn, bagian terbaik dari aplikasi ini adalah pilihan filter yang secukupnya dan tidak perlu melihat angka yang ribet di mode Edit. Konsitensi warna di semua bagian juga menjadi salah satu detail menarik dari Filmborn untuk kamu nikmati. Yuk segera unduh Filmborn untuk pengguna iOS 10 atau yang lebih baru!

Download Filmborn · Harga: 45000

Camera, iPad, iPhone, MakeMac Fotografi, Photo & Video

512
512