Dulu Makan Rp 10 Ribu Sehari Kini Berduit Ratusan Triliun
Detik — 25 May 2018 10:03

- Elon Musk, sang pemilik perusahaan mentereng SpaceX dan Tesla, tentu tak serta merta sukses dan kaya raya. Bahkan sama seperti banyak mahasiswa, dia juga pernah harus hidup ngirit di masa silam.

Pria kelahiran Afrika Selatan ini mengisahkan pada umur 17 tahun saat kuliah di Queen's University di Ontario, Kanada, uang makannya sangat kecil. Yaitu hanya CAD (dolar Kanada) 1 per hari atau di kisaran Rp 10,9 ribu. Dan dia sukses disiplin menghabiskan uang makan sekecil itu.

"Ambang batasku untuk hidup cukup rendah. Jadi aku mencari cara bagaimana aku bisa berada di apartemen kotor bersama komputerku dengan keadaan tetap baik-baik saja dan tak kelaparan," kata pria berusia 46 tahun ini dalam sebuah wawancara.

Dikutip

dari CNBC, Musk menceritakan bahwa sejak muda, dia sudah fokus memikirkan hal-hal yang akan berdampak pada manusia di masa depan. Dari mobil listrik, tenaga surya dan konsumsi berkelanjutan. Namun di sisi lain, dia harus berhemat.

"Beli saja makanan yang sekalian banyak di supermarket," katanya mengenang masa lalu, sembari menambahkan bahwa dia sangat sering cuma makan hot dog dan minuman jeruk.

Tapi ia memperingatkan jangan ada yang mencoba metodenya itu karena bikin susah. "Aku tidak akan menyarankan siapapun untuk hidup dengan USD 1 per hari," tandasnya.

"Hal itu tidak super menyenangkan. Lagipula aku melakukannya pada tahun 1990 sehingga sedolar masih cukup banyak. Jauh lebih sulit melakukannya sekarang," pungkas Musk.

Berkat kerja kerasnya, Musk sekarang bisa membeli makanan termahal sekalipun dan apapun yang dia mau. Harta terkininya menurut Forbes di kisaran USD 18,8 miliar atau sekitar Rp 266 triliun!

512
512