Semua Pakai Perintah Suara, Ini Rekomendasi Smart Speaker Terbaik Berasisten Virtual
Gadgetren — 26 May 2018 04:00

Amazon Echo


Gadgetren – Di era digital ini, kehadiran asisten virtual seperti Siri dan Google Assistant dapat membantu aktivitasmu sehari-hari. Nah, salah satu perangkat untuk mengakses layanan asisten virtual tersebut dengan mudah adalah dengan menggunakan smart speaker.

Melalui smart speaker, kamu dapat memberikan perintah suara yang nantinya akan diterima oleh asisten virtual dari masing-masing penyedia layanan. Perintah suara dapat dilakukan dalam jarak cukup jauh bahkan dari berbagai sudut sehingga kamu tidak perlu mendekatkan diri ke smart speaker untuk mengaktifkan fitur-fitur yang ada. Contohnya kamu dapat melakukan panggilan telepon, memutar musik, mengirim email, membuat pengingat bahkan hingga memesan makanan untuk wilayah yang sudah mendukung. Cukup dengan memberikan perintah yang kamu inginkan lewat smart speaker maka asisten virtual dapat langsung menghubungkan kamu dengan layanan yang sesuai.

Kehadiran smart speaker ini membuat aktivitas sehari-harimu menjadi lebih mudah dan praktis. Jika kamu ingin mencobanya maka wajib untuk melihat produk best seller dari Hargadunia.com yakni lini smart speaker Google Home, Amazon Echo, dan Apple Homepod.

Amazon Echo

Seri Amazon Echo bisa dikatakan sebagai perangkat yang membuat smart speaker menjadi mainstream dengan asisten virtual bernama Alexa. Berkat kehadirannya yang lebih dulu, Alexa yang dikembangkan oleh Amazon kini memiliki dukungan layanan pihak ketiga yang jauh lebih banyak dan telah mencapai ribuan dibandingkan asisten virtual lainnya dalam hal smart speaker.

Amazon Echo juga mempunyai berbagai pengaturan yang dapat dimodifikasi seperti mengubah perintah suara untuk membangunkan Alexa seperti Amazon, Echo, atau Computer. Tentu saja Alexa dapat menerima perintah layaknya asisten virtual lainnya seperti membuat pengingat, catatan, atau sekedar mengetahui keadaan cuaca.

Baca Juga:

Saat ini ada tiga model yang menjadi best seller di Hargadunia.com, yakni Amazon Echo Dot, Amazon Echo 2nd Generation, dan Amazon Tap.

Amazon Echo 2nd Generation

Amazon Echo 2nd Generation New

Amazon Echo 2nd Generation sesuai namanya merupakan generasi kedua dari model Echo dengan berbagai peningkatan agar pengguna lebih nyaman.

Bekerja sama dengan Dolby, speakernya kini dapat mencapai seluruh penjuru ruangan. Selain itu juga ada tujuh buah mikrofon dan noise cancellation agar dapat menangkap perintah suara lebih jelas dari arah mana pun.

Amazon Echo 2nd Generation ini tersedia dalam varian warna putih dan hitam dengan harga bandrol Rp.2.015.000.

Amazon Echo Dot

Amazon Echo Dot New

Amazon Echo Dot punya desain yang jauh lebih minimalis dibandingkan model Echo biasa. Hal tersebut dikarenakan Echo Dot lebih diperuntukkan untuk ruangan seperti kamar tidur atau area yang tidak terlalu besar.

Echo yang menggunakan teknologi Echo Spatial Perception (ESP) memungkinkan beberapa perangkat Echo Dot dan Echo lainnya yang terhubung bersama sehingga kamu tetap dapat memberikan perintah suara di ruangan mana pun tanpa terjadi kontradiksi.

Echo Dot bisa kamu miliki seharga Rp.750.000 dalam varian warna putih maupun hitam.

Amazon Tap

Amazon Tap

Amazon Tap merupakan versi portable dari model Echo dengan baterai di dalamnya sehingga cocok untuk dibawa ke mana saja agar bisa selalu terhubung ke Alexa. Di samping itu fungsinya terbilang sama sehingga kamu akan mendapatkan pengalaman serupa tanpa perbedaan. Amazon Tap bisa kamu beli melalui Hargadunia.com dengan harga Rp.1.806.000.

Google Home

Lini produk Home dari Google adalah sebuah perangkat Wi-Fi speaker yang dapat terhubung ke layanan Google Assistant dengan menggunakan perintah suara. Melalui Google Home ini para pengguna dapat mengakses informasi dari layanan Google maupun pihak ketiga yang telah bekerja sama.

Selain itu Google Home bisa terintegrasi dengan perangkat smart home lainnya, sehingga dapat dikendalikan dengan suara juga. Ada tiga model yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, yakni Home, Home Mini, dan Home Max.

Home

Google Home

Google Home merupakan model pertama yang dikeluarkan oleh Google dalam lini produk smart speaker. Perangkat setinggi 14 cm ini memiliki lampu indikator LED dan tombol sebagai pilihan lain untuk mengatur volume maupun memainkan dan menghentikan musik.

Terdapat juga tombol mematikan mikrofon pada bagian belakang jika kamu tidak ingin smart speaker ini mendengarkan perintah suara. Jika kamu tertarik, Google Home tersedia di Hargadunia.com seharga Rp.2.284.000.

Google Home Mini

Google Home Mini New

Google Home Mini merupakan versi kecil dari Google Home biasa yang telah dibahas sebelumnya. Secara keseluruhan Google Home Mini punya fungsionalitas yang sama, hanya saja desainnya kini lebih kecil dengan diameter 10 cm.

Sekilas smart speaker yang satu ini terlihat seperti batu hiasan kecil sehingga akan lebih membaur dengan furnitur yang ada. Tersedia dalam varian warna Charcoal dan Chalk, Google Home Mini dapat kamu beli seharga Rp.690.000 di Hargadunia.com.

Home Max

Google Home Max News

Google Home Max mempunyai ukuran yang lebih besar serta fitur tambahan lainnya yang membuat Google Home Max lebih premium dibandingkan dua jenis Google Home lainnya. Home Max menggunakan konektor USB-C yang lebih modern dan serba guna.

Sisi audio juga mengalami peningkatan dengan penggunaan dua buah tweeter dan subwoofer serta teknologi Smart Sound yang dapat menyesuaikan volume suara yang dikeluarkan dengan keadaan sekitar.

Google Home Max cocok buat kamu yang ingin punya smart speaker, namun masih bisa digunakan mendengarkan musik dengan suara yang oke banget. Saat ini Google Home Max bisa kamu miliki seharga Rp.6.200.000 dan tersedia dalam varian warna Charcoal maupun Chalk.

Apple Homepod

Apple Homepod

Apple Homepod hadir cukup telat dibandingkan Amazon Echo maupun Google Home, namun buat kamu yang memang sudah sangat bergantung pada ekosistem brand Apple maka smart speaker satu ini tidak kalah kemampuannya. Jika kamu sudah mengenal dengan seksama produk Apple pastinya tahu bagaimana kualitas bahan pembuatannya.

Apple Homepod memiliki 6 buah microphone, 7 buah tweeter pada bagian bawah, dan sebuah subwoofer berukuran 4 inci untuk menjamin suara yang dikeluarkan jelas dan pas dengan jenis audio yang diinginkan. Smart speaker yang terintegrasi dengan Siri ini dapat terhubung dengan perangkat yang minimal menggunakan iOS 11.2.5 atau iPhone 5s.

Jika kamu sudah menggunakan produk Apple seperti Macbook, iPhone, Apple Music atau iTunes maka tidak ada salahnya untuk terjun lebih dalam lagi ke ekosistem Apple dengan memilih Apple Homepod seharga Rp.5.300.000 di Hargadunia.com selama produk masih ada.

* Disclaimer: Artikel ini merupakan hasil kerja sama dengan Hargadunia.com



512
512