Nanti, Transaksi via Mastercard Cukup Pakai Suara
Telsetnews — 5 Jun 2018 11:46

master card​​​​​​​

Telset.id, Jakarta – Mastercard sedang mencari cara untuk mengintegrasikan sistem pembayarannya ke asisten suara berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dibuat oleh Google dan Amazon. Nantinya, Mastercard memberi keleluasaan kepada nasabah untuk membayar hanya dengan berbicara dengan asisten pintar tersebut.

Dilansir dari CNBC, raksasa pembayaran asal Amerika Serikat itu ingin memanfaatkan layanan mereka bernama Masterpass. Sekedar informasi, Masterpass memungkinkan nasabah untuk mengunggah detail kartu kredit mereka untuk melakukan pembayaran secara online.

Lewat Masterpass, nasabah juga dimungkinkan untuk membayar produk melalui Facebook Messenger. Mastercard menyebut tren transaksi tersebut sebagai “conversational commerce” yang memudahkan nasabahnya untuk bisa bertransaksi dengan mengirimkan pesan via Facebook Messenger.

Layanan inilah yang ingin dikembangkan Mastercard agar para nasabah dapat bertransaksi menggunakan Google Assistant ataupun Amazon Alexa.

Menurut Vice Chairman Mastercard, Ann Cairns, nantinya membeli barang menggunakan asisten suara Amazon Alexa atau Google Assistant akan menjadi tren besar di masa yang akan datang.

“Kami sedang melihat semua teknologi. Kami berpikir tentang bagaimana semua layanan bisa terhubung ke jaringan Mastercard,” kata Cairns saat berlangsungnya acara Money 20/20 Europe Fintech Conference di Amsterdam, Belanda.

Cairns juga mengatakan bahwa integrasi dan transaksi via Mastercard menggunakan asisten suara berbasis AI akan menjadi sarana bagi mereka untuk mempererat hubungan dengan perusahaan teknologi.

“Mastercard mengawasi cara-cara untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen ketika melakukan pembayaran. Masterpass adalah jawaban kami untuk produk seperti Apple Pay. Mastercard berusaha untuk tetap maju melalui beberapa pengembangan teknologi,” tandasnya. (SN/FHP)

512
512