Begini Gaya Konsumen Berbelanja di Era Digital
Telsetnews — 5 Jul 2018 02:00

Telset.id, Jakarta – Perkembangan teknologi digital membuat perubahan perilaku konsumen, khususnya pada pola belanja. Ini juga didorong oleh perang dagang antara perusahaan ritel raksasa yang kini mulai bertransformasi ke digital dengan menyediakan layanan belanja online.

Menurut hasil survei terbaru Tech Pro Research terhadap 259 profesional teknologi, seperti dilansir ZDnet, sekitar 88 persen mengatakan mereka telah menggunakan setidaknya satu bentuk teknologi untuk membantu dalam pengalaman belanja mereka dalam satu tahun terakhir.

Lalu bagaimana perilaku konsumen dalam belanja saat ini? Paling banyak (58 persen) mengatakan bahwa mereka akan meneliti informasi produk dari perangkat seluler saat berada di lokasi ritel. Ini diikuti dengan memesan produk secara online sebelum mengambilnya di toko, yang mencatat angka 56 persen.

BACA JUGA

Di antara konsumen yang menggunakan perangkat pendukung kenyamanan ini, 87 persen mengatakan bahwa salah satu teknologi itu membuat belanja lebih mudah dan 66 persen mengatakan penggunaan satu teknologi membuat belanja lebih menyenangkan.

Baca juga: Ini 5 Kota di Indonesia yang Paling Doyan Belanja Online

Meskipun tidak semua menggunakan teknologi saat berbelanja, tapi survei ini menunjukkan bahwa pembeli menemukan manfaat ketika menggunakannya.

Karena data memainkan peran penting dalam transformasi digital, survei Tech Pro Research juga menanyakan apa informasi yang mereka tidak keberatan jika ditukarkan dengan imbalan hadiah atau diskon.

Baca juga: Pria Indonesia Ternyata ‘Doyan’ Belanja Online

Hampir semua responden mengatakan mereka bersedia untuk menyerahkan setidaknya beberapa data pribadi mereka. Ini sebenarnya tidak mengherankan karena beberapa informasi, seperti alamat email, sangat penting untuk melakukan transaksi. [WS/HBS]

Sumber: ZDNet

512
512