Jeff Bezos Dibenci 'Tetangga', Bagaimana Bill Gates?
Detik — 6 Jul 2018 10:58

- Jeff Bezos pendiri Amazon dan Bill Gates pendiri Microsoft sama-sama tinggal di seputaran Seattle, Washington, bersama perusahaan masing-masing. Jika Bezos kabarnya kurang disukai sebagian warga di kotanya sendiri, bagaimana dengan Bill Gates?

Jeff Bezos sejak akhir tahun lalu sudah menyalip Gates sebagai orang terkaya di dunia dan jarak harta mereka belakangan makin melebar. Ya kedua manusia genius ini berada di wilayah yang sama.

Seperti sudah bisa diduga, citra Gates di kota itu maupun di dunia lebih baik dari Bezos. Terutama karena Gates dikenal sungguh dermawan dan telah menyumbangkan miliaran dolar buat kemanusiaan. Sedangan aksi amal Bezos belum terlalu terdengar gaungnya.

Di Seattle, Gates telah membangun rumah-rumah dan sekolahan bagi warga kurang mampu. Mungkin dulu Microsoft pun kena kritik karena kurang berdampak secara sosial, tapi semua sudah ditebus dengan aksi kedermawanan seorang Gates.

Yayasan Bill Gates pada tahun 2015 diestimasi sudah berkontribusi sampai USD 1,5 miliar buat ekonomi lokal. Dan menyediakan ribuan lowongan pekerjaan bagi orang di sana.

"Persona mereka sangat berbeda. Gates menyadari tanggung jawabnya, dia menyadari punya kekuatan untuk menjadi orang berpengaruh, untuk menggunakan kepintaran dan power-nya demi kebaikan," sebut Margaret O'Hara, akademisi di University of Washington.

Terlebih Microsoft berkembang pesat di masa lalu di mana belum banyak sorotan soal privasi online ataupun kontroversi soal perusahan teknologi. Microsoft bermarkas di pinggiran Seattle sejak tahun 1979. Sedangkan kantor Amazon yang berdiri sejak tahun 1994 lebih terlihat di tengah kota.

512
512