Virgin Galactic Bakal Realisasikan Wisata Luar Angkasa, Ini Tarifnya
Okezone — 9 Jul 2018 13:20

JAKARTA - Layanan penerbangan luar angkasa bagi wisatawan dapat diluncurkan dari lapangan kapal angkasa di Italia. Setelah Virgin Galactic menandatangani perjanjian dengan dua perusahaan pesawat luar angkasa terbesar di Italia, maka wisata luar angkasa akan menjadi kenyataan.

Dilansir Digitaltrends, Senin (9/7/2018), Virgin Galactic telah bekerjasama dengan perusahaan luar angkasa terkemuka Italia, SITAEL dan ALTEC, perusahaan publik-swasta yang dimiliki oleh Badan Antariksa Italia dan Thales Alenia Space. Mereka memiliki rencana untuk membangun lapangan kapal angkasa di provinsi Grottaglie, Italia.

BERITA TERKAIT

+

Virgin Galactic menjelaskan dalam sebuah pernyataan resmi, selain menyediakan fasilitas peluncuran untuk membawa perjalanan orang-orang kaya ke tepi angkasa, lapangan kapal angkasa atau spaceport itu juga dipakai untuk pelanggan seperti Italian Space Agency sebagai platform sains untuk penelitian luar angkasa frekuensi tinggi.

Pendiri Virgin Group, Richard Branson, mengatakan dia yakin kolaborasi ini akan memberikan dorongan nyata saat pihaknya berusaha untuk membuka luar angkasa bagi manfaat hidup di Bumi.

"Bersama-sama, kami akan membantu memperluas peluang untuk sains, industri, dan jutaan orang yang bermimpi pengalaman luar angkasa untuk diri mereka sendiri," ujarnya.

Virgin Galactic baru-baru ini berhasil menyelesaikan uji penerbangan bertenaga roket kedua dari pesawat SpaceShipTwo terbaru, yang dinamakan VSS Unity. Pesawat ini mampu menampung dua kru, enam penumpang dan membawanya ke ketinggian 62 mil di atas Bumi.

Baca juga: Elon Musk Bikin 'Kapal Selam' untuk Selamatkan Remaja Thailand

Virgin Galactic baru-baru ini mengatakan bahwa mereka percaya dapat memulai menawarkan perjalanan ruang angkasa suborbital dalam 12 bulan ke depan. Kabarnya, sekira 700 orang telah memesan tempat duduk, di mana setiap tiket dibanderol seharga USD250.000 atau sekira Rp3,5 miliar.

Baca juga: Suhu Dingin di Indonesia Bukan karena Aphelion, Ini Penjelasan LAPAN

Virgin Galactic mengatakan daftar pelanggan terus bertambah berarti siapa saja yang membeli tiket hari ini mungkin harus menunggu setidaknya 2021 sebelum mereka dapat naik ke pesawat antariksa.

(ahl)

512
512