Fitur Anti Tautan Berbahaya Segera Hadir di WhatsApp
Telsetnews — 11 Jul 2018 14:45

Telset.id, Jakarta – WhatsApp dikabarkan sedang melakukan uji coba fitur yang akan membantu pengguna untuk mendeteksi tautan-tautan yang mencurigakan. Fitur bernama Suspicious Link Detection ini akan secara otomatis menganalisa pesan berisi tautan ketika diterima oleh para pengguna.

Nantinya, setelah analisa selesai dilakukan, WhatsApp akan mengklarifikasinya sebagai tautan yang normal atau malah merupakan tautan yang mencurigakan.

Dilansir dari WABetaInfo, Rabu (11/07/2018), dikutip dari WABetaInfo, jika tautan itu dinilai mencurigakan, WhatsApp bakal menandai dengan label merah bertuliskan “suspicious link” di bagian atas pesan.

BACA JUGA

Meski demikian, WhatsApp tidak akan melarang pengguna untuk membuka tautan mencurigakan itu. Sebab, segala keputusan akhir tetap saja berada di tangan pengguna, apakah ingin tetap mengaksesnya atau mengabaikannya.

Baca Juga: Android Messages Kini Bisa Diakses via Desktop, Begini Caranya

Namun, ketika pengguna memutuskan untuk mengakses tautan tersebut, WhatsApp akan kembali mengingatkan ke pengguna tautan yang akan dibukanya merupakan tautan mencurigakan. Dengan demikian, pengguna bisa memikirkan kembali keputusan yang diambilnya.

“Tautan yang muncul di WhatsApp berisi karakter tak biasa. Mungkin tautan itu mencoba muncul sebagai situs berbeda,” demikian tulisan peringatan terakhir dari WhatsApp.

Baca Juga: Tampilan Feed Acak-acakan, Begini Penjelasan Instagram

Fitur suspicious link detection sendiri muncul di versi 2.18.204 Beta. Dilaporkan, platform perpesanan itu masih terus menyempurnakan fitur tersebut sebelum akhirnya merilisnya secara resmi. (BA/FHP)

512
512