Ilmuwan Temukan Timbunan Berlian dengan Nilai Fantastis
Okezone — 17 Jul 2018 19:58

JAKARTA - Ilmuwan menemukan berlian yang tertimbun dengan nilai yang diklaim bisa menghancurkan ekonomi dunia. Berlian itu kabarnya memiliki nilai 150.000.000.000.000.000.000.000.000 poundsterling, angka yang luar biasa yang pernah dikalkulasi oleh manusia.

Dilansir Metro.co.uk, Selasa (17/7/2018), ilmuwan menganggap ada satu ton berlian yang dikubur dalam 'akar cratonik' di benua-benua. Menurut para peneliti MIT, hanya ada satu tangkapan kecil, harta karun yang terkubur 100 mil ke di bawah tanah.

BERITA TERKAIT

+

Akar cratonik adalah bagian paling kuno dari batuan di bawah negara-negara tektonik, berbentuk seperti gunung terbalik. Para peneliti memperkirakan bahwa akar mungkin memiliki berlian 1-2 persen, yang berarti ada sekira satu kuadriliun ton berlian yang terkubur.

Mengingat bahwa satu ton berlian adalah 50.000.000 karat, senilai setidaknya masing-masing 3.000 poundsterling.

Ulrich Faul, ilmuwan peneliti di Department of Earth, Atmospheric, and Planetary Sciences MIT mengatakan bahwa ini menunjukkan berlian bukanlah mineral eksotis, tetapi pada skala geologis, ini relatif umum.

"Kami tidak bisa mendapatkannya, tapi tetap saja, ada lebih banyak berlian di sana daripada yang pernah kami pikirkan sebelumnya," kata peneliti.

Baca juga: Nostalgia Yahoo Messenger yang 'Tenggelam' di Era Media Sosial

Para peneliti menyimpulkan bahwa ada berlian di bawah sana karena anomali dalam data seismik, di mana gelombang suara tampak semakin cepat.

Faul dan rekan-rekannya menghitung bahwa anomali itu bisa disebabkan oleh 1-2% berlian di ‘akar cratonik’. Faul mengungkapkan, berlian dalam banyak hal adalah spesial.

Baca juga: Samsung Galaxy S10 Dibekali Pemindai Sidik Jari Ultrasonik?

"Salah satu sifat khususnya adalah, kecepatan suara dalam berlian lebih dari dua kali lebih cepat daripada mineral dominan di batuan mantel atas, olivin," tutur Faul.

(ahl)

512
512