iPrice Ungkap E-Commerce yang Banyak Tawarkan Gadget Termurah
Okezone — 26 Jul 2018 14:14

JAKARTA – E-commerce membawa perubahan dari era belanja di toko fisik menjadi belanja yang dilakukan secara online. Setiap e-commerce memiliki keunggulan masing-masing, yang bisa dipilih oleh para konsumen untuk mencari barang yang diinginkannya.

Melalui keterangan resmi yang diterima Okezone, Kamis (26/7/2018), iPrice membandingkan jumlah penawaran harga barang elektronik termurah dari enam e-commerce terbesar yang terdaftar pada situs iPrice pada periode 4-10 Juni 2018.

BERITA TERKAIT

+

Enam e-commerce terbesar tersebut yaitu Lazada, Blibli, Mataharimall, Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Sedangkan merchant terdaftar lain iPrice grupkan menjadi “merchant lainnya” dalam data.

Bicara soal gawai juga pasti berbicara soal perkembangan teknologi yang semakin maju. Kini kita bisa menjumpai vendor smartphone meluncurkan seri terbarunya hampir tiap bulan. Tren gawai pun silih berganti, mulai dari keyboard QWERTY hingga layar ber”poni”.

Tidak hanya smartphone, produk elektronik seperti laptop dan kamera pun kerap mengalami kemajuan. Bisa dibilang kini konsumen sudah dimanjakan dengan suguhan gawai dengan berbagai macam model dan kebolehan dalam spesifikasinya.

Konsumen tetaplah konsumen, selain mencari spesifikasi, mereka juga tidak akan pernah menolak bila ditawarkan harga murah.

Dari data yang dihimpun iPrice, secara keseluruhan e-commerce C2C seperti Bukalapak memiliki lebih banyak penawaran harga termurah untuk kategori produk smartphone dan laptop. Sedangkan penawaran harga termurah untuk kategori produk kamera lebih banyak berasal dari e-commerce B2C, yakni Lazada.

Baca juga: Twitter Kunci Akun dengan Nama 'Elon Musk', Ada Apa?

Ecommerce C2C memiliki lebih banyak penawaran harga termurah disebabkan platform ini memungkinkan siapa saja untuk berjualan barang. Baik produk elektronik yang masih baru maupun secondhand yang tentu dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Sedangkan untuk kategori produk kamera, jumlah penawaran harga murah lebih banyak dimiliki oleh e-commerce B2C yakni Lazada. Hal ini menandakan harga produk kamera memiliki harga yang cukup bersaing meski e-commerce C2C mengandung produk-produk secondhand.

Baca juga: Pria Ini Dipenjara Gara-Gara Jadi Admin WhatsApp, Kok Bisa?

iPrice juga menghimpun jumlah penawaran harga smartphone termurah dari berbagai macam brand terkenal di Indonesia. Dari data tersebut terlihat jumlah penawaran harga murah untuk smartphone Samsung terbagi merata baik di e-commerce B2C dan C2C.

Sedangkan kompetitor Samsung asal Tiongkok seperti Xiaomi dan Oppo, dapat dibanderol dengan harga murah di Bukalapak yang memiliki 65% dan 62% dari jumlah penawaran harga.

iPrice juga menghimpun data penawaran harga kamera termurah dari tiga brand yang paling populer di Indonesia, yakni Canon, Nikon, dan Sony.

Jumlah penawaran harga termurah untuk ketiga brand tersebut cukup seimbang antara ecommerce B2C dan C2C bila dibandingkan dengan kategori produk elektronik smartphone dan laptop.

Harga yang cukup bersaing ini menandakan harga yang stabil untuk kategori produk kamera meski berasal dari penjual yang berbeda (C2C dan B2C).

Berdasarkan data tersebut, konsumen dapat dengan mudah menjumpai harga kamera Canon dan Nikon termurah di Bukalapak. Menariknya, harga kamera Sony termurah malah lebih mudah ditemui di e-commerce Lazada dan Blibli dengan porsi jumlah penawaran 40% dan 14%.

Sebelumnya

1 / 2

Selanjutnya

512
512