4 Langkah Mudah Amankan Facebook, Biar Data Nggak Dicolong!
Telsetnews — 27 Jul 2018 11:25

Telset.id, Jakarta – Sadar atau tidak, media sosial telah menjadi tempat bagi para penggunanya untuk menyimpan banyak hal, termasuk data pribadi seperti foto, biodata, dan lainnya. Karenanya, masuk akal jika banyak bahaya mengintai. Katakan saja itu semua jatuh ke tangan orang yang tidak benar, alias diretas. Ya, meskipun nyatanya tak banyak juga dari kita yang menyadarinya. Sampai kasus pembocoran data penguna Facebook yang melibatkan perusahaan analisis data Cambridge Analytica terbongkar. Sontak, banyak pengguna mulai dibuat khawatir.

Tapi tenang, Facebook lebih dari cukup untuk belajar dari kasus ini. Beragam upaya perbaikan layanan keamanan pun terus mereka lakukan demi memberi kenyamana bagi para pengguna. Nah, buat Anda yang masih menjadi pegguna setia Facebook, Telsed.id merangkum beberapa cara agar akun Anda aman dari upaya pembobolan.

1. Unduh semua data Facebook Anda

Banyak yang belum tahu, jika Facebook memiliki fitur mengunduh dan back-up data pengguna. Untuk mengaplikasikannya, Anda cukup pergi ke bagian pojok kanan atas dan tekan tombol panah ke bawah, kemudian klik setting atau pengaturan. Lalu klik tombol “Download a copy”.

Fitur ini berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas Anda di Facebook, seperti postingan, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah Anda klik.

BACA JUGA

2. Aktifkan fitur keamanan ekstra

Untuk menjaga keamanan Facebook Anda, mulai sekarang aktifkan fitur autentikasi dua faktor dan pengamanan ekstra. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda akan mendapat notifikasi ketika Facebook diaktifkan di perangkat baru. Selain itu, Facebook akan mengirimkan notifikasi email yang berisi kode khusus untuk menyelesaikan proses masuk ke Facebook.

Bagaimana cara mengaktifkannya? Mudah, Anda cukup mengklik pengaturan dan pilih bagian keamanan dan info login.

3. Ubah setelan privasi

Untuk menjaga keamanan Facebook perlu mengatur dengan jelas siapa saja yang boleh melihat data pribadi, postingan Anda dan sebagainya. Dengan cara ini, tidak semua orang dapat melihat aktifitas Anda.

Cara melakukannya sederhana, yakni dengan mengklik halaman setting dan klik tombol privacy. Anda tinggal mengatur siapa saja yang dapat memberi Anda permintaan pertemanan, melihat daftar teman Anda, hingga melihat foto pribadi Anda.

4. Cek aplikasi pihak ketiga yang aktif

Salah satu penyebab kebocoran data penguna Facebook adalah layanan aplikasi pihak ketiga. Nah, mulailah cek layanan aplikasi yang dibuka dengan akun Facebook. Cara mengaktifkan ini juga tidak sulit, masih di halaman setting dan klik apps atau aplikasi. Dengan mengklik ini Anda akan melihat aplikasi apa yang terakses dengan data pribadi.

Periksa secara seksama dan rutin aplikasi mana yang memang bisa mengakses data pribadi dan tidak. Anda cukup matikan yang memang tidak diinginkan. [NF/IF]

512
512