Program Akselerator Plug and Play Indonesia Umumkan Nama 17 Startup Peserta Batch 3
Techinasia — 2 Aug 2018 17:00
Ikhtisar
  • Para startup yang lolos hingga tahap ketiga akan mendapat bimbingan dan kesempatan berkenalan dengan berbagai perusahaan besar mitra GK – Plug and Play.
  • Jika selama ini startup tanah air banyak berfokus pada pembuatan aplikasi mobile atau software, sekarang muncul berbagai startup yang menawarkan produk hardware.

Pada tanggal 1 Agustus 2018, akselerator startup GK – Plug and Play (Plug and Play Indonesia) mengumumkan nama tujuh belas startup yang akan masuk gelombang ketiga dari program mereka. Para startup ini akan mendapat bimbingan serta kesempatan berkenalan dengan perusahaan-perusahaan besar mitra GK – Plug and Play.

Menurut Wesley Harjono, Managing Director GK – Plug and Play, mayoritas startup baru masih cenderung berfokus pada pembuatan aplikasi mobile maupun software. Namun selama beberapa waktu terakhir, ia menyadari kemunculan banyak startup dengan produk berupa hardware seperti IoT, baik di bidang pertanian maupun kelautan.

Berikut ini adalah nama tujuh belas startup yang bergabung dengan akselerator GK – Plug and Play Batch 3.

Asura

Asura | Screenshot 1

Asura adalah startup dengan misi memudahkan kamu mendapatkan asuransi secara online. Mereka bisa menganalisis profil dan memberikan rekomendasi produk asuransi yang tepat untuk kamu.

AeroEnvoy

AeroEnvoy | Screenshot

AeroEnvoy adalah startup yang berusaha mengirimkan berbagai kebutuhan medis seperti darah atau vaksin ke rumah sakit atau klinik di daerah terpencil dengan menggunakan drone. Lewat aksi ini, mereka berharap waktu pengiriman barang-barang medis menjadi lebih singkat sehingga pasien bisa cepat ditangani.

Teknojek

Teknojek | Screenshot

Teknojek adalah aplikasi mobile yang bisa menghubungkan kamu dengan pengendara ojek online. Berbeda dengan aplikasi GO-JEK dan Grab, Teknojek menggunakan sistem piramida sehingga akan ada komisi tambahan bagi pengemudi yang bisa merekrut pengemudi lain.

Bildeco

Bildeco | Screenshot 2

Bildeco adalah e-commerce khusus bahan bangunan. Lewat platform mereka, kamu bisa membeli beragam produk mulai dari kebutuhan membangun rumah hingga finishing. Mereka bersedia melayani pembelian produk dalam jumlah banyak maupun sedikit.

Bahasa.ai

Bahasa.ai | Screenshot

Bahasa.ai adalah platform chatbot menggunakan Bahasa Indonesia. Dengan solusi yang mereka hadirkan, sebuah bisnis bisa melakukan komunikasi yang lebih baik dengan para pelanggan.

Halofina

Halofina | Screenshot

Halofina adalah layanan asisten virtual yang bisa membantu kamu mengelola keuangan dan investasi. Mereka juga bekerja sama dengan beberapa pakar keuangan yang siap memberikan bantuan lewat aplikasi.

Gradana

Gradana | Screenshot

Gradana adalah platform untuk mempertemukan orang yang ingin membeli rumah namun kesulitan membayar uang muka (DP), dengan orang yang bersedia memberikan pinjaman. Lewat platform ini, seorang pembeli rumah bisa membayar DP dengan cara mencicil hingga 36 bulan.

Merapi Tani

Merapi Tani Mertani Airi | Screenshot

Merapi Tani adalah startup yang bisa menganalisis kondisi sebuah lahan pertanian. Mereka kemudian memberikan rekomendasi kepada petani atau pengelola lahan agar bisa mengambil keputusan yang lebih baik. Data analisis mereka dapatkan dari beberapa sensor tanah dan smart valve untuk mendeteksi berbagai variabel penting.

Resync

Resync | Screenshot

Resync adalah perangkat untuk mengelola dan memastikan efisiensi pemakaian listrik di rumah atau pabrik. Platform ini bisa secara otomatis memprioritaskan agar listrik yang kamu konsumsi berasal dari sumber energi terbarukan dan mengatur beban permintaan listrik.

read also

BACA JUGA

Siapa saja peserta akselerator Plug and Play Indonesia di Batch 2?

BLH Aqua

BLHAqua | Screenshot

BLH Aqua adalah startup yang mengembangkan teknologi untuk meningkatkan produktivitas tumbuhan dengan cara memperbaiki proses tumbuhan menyerap air dan nutrisi.

Yousolar

Yousolar | Screenshot

Yousolar adalah perusahaan yang menciptakan berbagai produk energi tenaga surya seperti panel, baterai pengumpul daya, dan unit kontrol. Berbagai produk tersebut bisa lagsung kamu pasang tanpa perlu meminta persetujuan PLN.

Datarobot

DataRobot | Screenshot

Datarobot adalah platform yang memungkinkan seorang analis bisnis untuk bisa membuat software analisis tanpa perlu mempunyai kemampuan pemrograman atau Machine Learning.

Ceres Imaging

Ceres Imaging | Screenshot

Ceres Imaging adalah startup yang bisa membantu para petani mengoptimalkan pemberian air dan pupuk untuk tumbuhan. Mereka bisa memberikan gambar dari udara yang berisi berbagai informasi penting seperti: kadar air, nutrisi, parasit, dan distribusi tanaman yang tidak teratur di seluruh lahan pertanian.

Calty Farm

CaltyFarm | Screenshot

Calty Farm adalah aplikasi yang memungkinkan kamu berinvestasi di bidang peternakan. Kamu bisa memberikan dana untuk perawatan ternak berupa sapi perah. Sebagai imbalannya kamu akan menerima keuntungan dari penjualan susu perah sapi tersebut.

Pijar Psikologi

Pijar Psikologi | Screenshot

Pijar Psikologi adalah startup yang berusaha menyebarkan pengetahuan tentang isu kesehatan mental dan psikologi.

Circledoo

Circledoo | Screenshot 1

Circledoo adalah platform berbagi pengetahuan dalam bentuk pertemuan online, video siaran langsung, maupun rekaman video.

TopKarir

TopKarir | Screenshot

TopKarir adalah portal lowongan kerja khusus untuk pemuda Indonesia. Pengguna platform bisa mencari berbagai jenis peluang kerja, mulai dari pekerjaan magang, paruh waktu, maupun purnawaktu, hingga informasi beasiswa dan pelatihan.

(Diedit oleh Fairuz Rana Ulfah)

512
512